Pemko Pariaman-IAIN Batusangkar Jalin Kerja Sama Pendidikan

8

Walikota Pariaman Genius Umar menerima tawaran kerjasama Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar dan menyambut baik tawaran tersebut. Tawaran kerjasama disampaikan langsung oleh Rektor IAIN Batusangkar, Marjoni Imamora, diruang kerja Walikota Pariaman, Kamis (27/05/2021).

“Hari ini kita menerima kunjungan Rektor IAIN Batusangkar Marjoni Imamora. Kunjungannya bertujuan untuk menjalin kerjasama dibidang pendidikan bersama Pemko Pariaman. Ini merupakan langkah baik sehingga Pemko Pariaman akan lebih perbanyak MoU dengan Politeknik dan Perguruan Tinggi baik dalam maupun luar Provinsi Sumatera Barat, “ ungkap Walikota Pariaman Genius Umar.

Pemko Pariaman sudah melakukan kerjasama dibagian pendidikan dalam program Satu Keluarga Satu Sarjana (Sagasaja) dengan beberapa Politeknik dan Perguruan Tinggi, antara lain Politeknik Negeri Padang, Batam Tourism Polytechnic, Institut Teknologi Bandung, Institut Pertanian Bogor, Politeknik ATI Padang, Politeknik Pelayaran Sumbar, Universitas Negeri Padang, Universitas Dharma Andalas, Institut Agama Islam Sumatera Barat Pariaman, Politeknik Kelautan dan Perikanan Pariaman, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sumatera Barat, Universitas Indonesia, Politeknik Tranportasi Darat. Minggu kemaren Pemko Pariaman juga sudah melakukan MoU dengan Politeknik Transportasi Darat (Poltrada) Bali. Artinya bertambah 1 lagi deretan yang bekerjasama dengan Pemko Pariaman.

“Setelah pertemuan ini kita akan tindak lanjuti tawaran kerjasama dengan membuat MoU dan akan diresmikan sehingga akan menambah deretan perguruan tinggi yang melakukan MoU dengan Pemko Pariaman. Seperti apa kerjasamanya, akan kita bicarakan lagi dengan melibatkan OPD terkait, “ ujarnya.


Baca Juga:  Pelantikan ASN Digelar di Lapangan Terbuka

Sementara itu Rektor IAIN Batusangkar Marjoni Imamora yang didampingi Wakil Rektor 1 Ridwal Trisoni dan Rektor 3 Sirajul Munir usai melakukan kunjungan membenarkan penawaran kerjasama ini.

“Kita baru saja melakukan penawaran kerjasama dengan Pemko Pariaman. Alhamdulillah disambut baik oleh Walikota Pariaman Genius Umar. Pada kesempatan ini kami menyampaikan visi dan misi dari IAIN Batusangkar untuk menjadi sebuah Perguruan Tinggi yang integratif dan terkonektif dalam keilmuan, berkearifan lokal serta bereputasi global. Kerjasama yang kita tawarkan adalah pendidikan Strata 1 (S1) untuk anak – anak di Kota Pariaman dalam program Sagasaja dan Strata 2 (S2) bagi PNS di lingkungan Pemko Pariaman, “ ungkapnya.

IAIN Batusangkar sudah mempunyai 34 program jurusan. 27 program diantaranya Strata 1 (S1), 1 program Diploma 3 (D3) dan 6 program Pasca Sarjana. Untuk Pasca Sarjana sudah mengantongi akreditasi B. Dari 27 program S1, 7 diantaranya sudah terakreditasi A dan termasuk kedalam PerguruanTinggi kegamaan Islam terbanyak memiliki akreditasi A di Sumatera Barat.

“Kita berharap dengan terjalinnya kerjasama ini bisa memberi manfaat bagi IAIN Batusangkar dan Pemko Pariaman. Sehingga ilmu yang didapat setelah belajar di IAIN Batusangkar, bisa di terapkan dan mengangkat perekonomian keluarga nantinya, “ tutupnya. (*/bis)