Proposal Embung Desa Sikapak Barat Diterima Mendes PDTT

Walikota Pariaman, Genius Umar melepas keberangkatan Mendes PDTT RI, Abdul Halim Iskandar, Minggu (26/7/2020). (IST)

Jelang bertolak ke Jakarta, Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) RI Abdul Halim Iskandar kembali bertemu Wali Kota Pariaman Genius Umar di Bandara Internasional Minangkabau (BIM). Sembari melepas keberangkatan Abdul Halim Iskandar, Genius juga menyerahkan proposal pembangunan embung di Kota Pariaman.

Genius Umar melepas keberangkatan menteri dan rombongan bertolak kembali ke Jakarta, Minggu (26/7). Gus Mentri begitu ia akrab disapa telah selesai melaksanakan kunjungan kerja di Sumatera Barat sejak Jumat (24/7). “Banyak manfaat yang didapat dari kunjungan Mendes PDTT ini ke Kota Pariaman secara khusus.

Genius juga berkesempatan memberikan proposal untuk pembangunan embung desa, Desa Sikapak Barat, Kecamatan Pariaman Utara, yang dananya berasal dari Kemendes PDTT. Adanya Embung Desa tersebut, akan terjadi peningkatan pertanian, perekonomian, perikanan dan wisata di desa Sikapak Barat nantinya.

Di antara kunjungan kerja Gus Mentri di Sumbar adalah mengukuhkan Pendamping Desa Berdikari Kota Pariaman yang merupakan inisiatif dari Wali Kota Pariaman dalam mengatasi kekurangan tenaga pendamping desa yang diangkat oleh pemerintah pusat, dan merupakan satu-satu nya di Indonesia.

Masih di Kota Pariaman, Abdul Halim Iskandar juga mengunjungi Jembatan Pelangi Desa Kampung Kandang, yang dibangun dengan Dana Desa, yang saat ini dijadikan desa wisata dengan memanfatkan kearifan lokal dan potensi desa yang memanfaatkan alam yang ada. (nia)