Warga Airsantok Bersihkan Bunker Bersejarah

Situs peninggalan bersejarah di Desa Airsantok, Kecamatan Pariaman Timur, Kota Pariaman. (IST)

Kota Pariaman memiliki sejumlah situs peninggalan bersejarah. Seperti di Desa Airsantok ada tiga unit bunker yang posisinya berdekatan. Untuk melestarikan situs tersebut, warga melakukan gotong royong, Minggu (26/7).

Wakil Wali Kota Pariaman Mardison Mahyuddin bersama masyarakat membersihkan salah satu situs peninggalan bersejarah yang ada di Desa Airsantok, Kecamatan Pariaman Timur Kota Pariaman. Bunker merupakan sejenis bangunan pertahanan militer peninggalan Belanda pada perang dunia I dan II yang dibangun di bawah tanah.

Di Desa Airsantok sendiri, diketahui ada sekitar tiga unit bunker yang posisinya berdekatan. “Pagi ini, sambil bersepeda bersama istri dan anak-anak, saya mampir ke Desa Airsantok dan ikut bergotong royong bersama kepala desa, Bhabinsa, Bhabinkamtibmas dan masyarakat setempat membersihkan salah satu situs bersejarah peninggalan Belanda yang ada di Kota Pariaman,” ungkap Mardison.

Mardison berpesan agar masyarakat Kota Pariaman khususnya di Desa Airsantok dapat menjaga situs cagar budaya tersebut. Ia berharap agar masyarakat sekitar dapat menjaga, merawat dan melestarikannya karena nantinya dapat dijadikan objek wisata bersejarah di Kota Pariaman.

Usai goro wawako juga melihat keindahan alam di Kecamatan Pariaman Timur ini seperti bendungan sungai dan bandar kecil yang airnya jernih dan bersih. (nia)