Hidupkan Masjid secara Berkesinambungan

29
Pengukuhan kepengurusan Dewan Masjid Kota Pariaman. (Diskominfo Pariaman)

Ada banyak pekerjaan rumah  pengurus Dewan Masjid Indonesia (DMI) terkait berbagai upaya pemberdayaan masjid. Masjid tak hanya semata tempat beribadah namun basis pengembangan masyarakat dan perekonomian.

Hal itu diungkapkan Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Pariaman Mardison Mahyuddin kepada Padang Ekspres di Aula Balaikota Pariaman, Rabu (25/11). Sebab itu ia berharap, pengurus DMI Pariaman memiliki program dan langkah nyata yang jelas untuk menjadikan masjid mampu berperan lebih dalam pemberdayaan masyarakat.

Ia juga mengajak masyarakat yang berada di lingkungan masjid untuk mau berperan dan berkiprah seperti halnya pengurus masjid. Sebab, warga tidak semata-mata hanya memiliki kewajiban untuk membantu pembangunan masjid saja. Jauh lebih penting dari itu warga memiliki komitmen untuk senantiasa memakmurkan masjid.

”Mari bersama-sama terus melakukan upaya-upaya yang berkesinambungan untuk menghidupkan masjid sebagai tempat menjalin ukhuwah dan rasa kebersamaan di antara sesama umat Islam,” ujarnya. Menurutnya, kebersamaan dan ukhuwah yang kuat akan meningkatkan kualitas ibadah sekaligus menanggulangi berbagai permasalahan sosial yang ada.

Pada hari itu Mardison Mahyuddin membuka acara Pengukuhan Pengurus Daerah Dewan Masjid Indonesia Kota Pariaman Masa Khitmad 2019-2024 Oleh Pimpinan Wilayah Dewan Masjid Indonesia (DMI) Provinsi Sumatera Barat, dan seminar tentang Pengembangan Ekonomi Berbasis Masjid, bekerja sama dengan Bank Nagari Syariah Pariaman.

Ia berharap momentum strategis ini, bisa menjadi sumber inspirasi dalam memantapkan langkah dalam upaya pemberdayaan masjid-masjid khususnya di Kota Pariaman. “Harapan kami seluruh pengurus DMI dapat bekerja optimal, bekerja keras, bekerja cerdas, dan bekerja ikhlas, selama menjadi pengurus DMI Kota Pariaman,” tukasnya. (nia)