150 Orang Hasil Tracking Negatif

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pariaman, Syahrul. (net)

Warga Pariaman boleh sedikit bernafas lega. Sebab, 150 warga Pariaman yang mengikuti pengambilan swab, hasilnya dinyatakan negatif, kemarin (27/7). Seperti diketahui, mereka sebelumnya masuk daftar tracking kontak erat dengan dua orang positif Covid-19.

“Alhamdulillah, kita bersyukur 150 orang warga Pariaman yang sempat kontak erat dengan dua warga positif, hasilnya negatif. Mereka adalah anggota Dharma Wanita Kakanmenag Pariaman dan pelajar salah satu sekolah di Pariaman,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Pariaman, Syahrul, kemarin (27/7).

Tidak hanya itu, imbuh Syahrul, kabar baik juga datang dari salah seorang terkonfirmasi positif,yakni NA yang merupakan operator sekolah. Dari hasil tes swab keduanya, NA dinyatakan sudah negatif.

Kendati begitu, ia tetap harus mengikuti tes swab ketiga. “Hasil swab negatif itu paling tidak dua kali, barulah pasien bisa dinyatakan bebas dari virus tersebut,” kata Syahrul. Sedang pasien yang hasil tes swab keduanya masih dinyatakan positif, katanya akan terus menjalani swab hingga hasilnya dua kali negatif.

Terkait keluarga pasien, kata Syahrul juga sudah mengikuti pengambilan sampel swab. “Kita semua berharap hasilnya negatif, sehingga mata rantai penyebaran Covid-19 bisa diputus di Kota Pariaman,” harapnya.

Untuk itu, Syahrul mengajak warga memberikan dukungan moral kepada kedua pasien beserta keluarganya. Sebab, terpapar atau positif Covid-19 bukanlah aib. “Kami juga kembali mengingatkan agar masyarakat mematuhi protokol kesehatan. Gunakan masker, jaga jarak, cuci tangan pakai sabun, serta sediakan selalu hand sanitaizer di dalam tas,” pungkasnya. (nia)