Litbang jadi Rujukan Mengambil Kebijakan

Kabid Litbang dan Evaluasi Pelaporan, Bappeda Kota Pariaman, Yalviendri ketika mengikuti Webinar yang diselenggarakan Kemendagri, Rabu (26/08/2020). (Diskominfo Pariaman)

Pariaman, Padek—Litbang menghasilkan inovasi untuk daerah. Litbang juga sebagai rujukan dalam mengambil keputusan atau kebijakan dari suatu daerah.

”Peran Strategis Balitbang sangat penting untuk menyikapi dinamika dan permasalahan yang berkembang di daerah, dan juga sebagai lembaga profesional yang bersifat akademis dalam organisasi pemerintah daerah,” ujar Kepala Pusat Litbang Inovasi Daerah Kemendagri, Matheos Tan saat webinar yang diadakan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Diikuti oleh pemerintah daerah mulai dari tingkat provinsi sampai kabupaten/kota di Indonesia, bertempat di ruang rapat Bappeda Kota Pariaman, Rabu (26/8)

Matheos Tan menjelaskan dengan detail bagaimana peran litbang dalam menghasilkan inovasi untuk daerah. Termasuk peran litbang dapat dijadikan sebagi rujukan dalam mengambil keputusan atau kebijakan dari suatu daerah.

Sementara itu Kabid Litbang dan Evaluasi Pelaporan, Bappeda Kota Pariaman Yalviendri mengatakan, inovasi merupakan kunci untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Daya saing daerah, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Inovasi menjadi salah satu tol dalam mengakselerasi peningkatan daya saing daerah. (nia)