Siswa Lima SD di Pariaman Timur Studi Lapangan ke Mako Lantamal II Padang

2

Siswa SD di Kecamatan Pariaman Timur Studi Lapangan ke Mako Lantamal (Markas Komando Pangkalan Utama Angkatan Laut) II Padang. Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya dari Dinas Dikpora (Pendidikan Pemuda dan Olahraga) Kota Pariaman, untuk mengenalkan Angkatan Laut (AL) dan Alutsista kepada siswa-siswi SD. Bertempat di Teluk Bayur, Kota Padang, Sabtu (29/1).

“Kita mengunjungi Mako Lantamal II Padang bersama 139 siswa kelas VI dan guru, dari 5 Sekolah Dasar yang ada di Kecamatan Pariaman Timur,” ujar Kabid Dikdas (Pendidikan Dasar) Dinas Dikpora Kota Pariaman, Yurnal, sebagai pendamping kegiatan ini.

Lima SD tersebut adalah SDN 13 Kampung Kandang, SDN 9 Bato, SDN 4 Kajai, SDN 11 Koto Marapak dan SDN 2 Talago Sarik. Rombongan siswa dan guru ini dilepas oleh Komandan Pos Angkatan Laut Pariaman, Peltu Laut Martias di Kantor Dinas Dikpora, Desa Kampung Baru, Kecamatan Pariaman Tengah.

“Kita berharap para siswa dan siswi ini kreatif dengan selalu bertanya tentang apa  saja yang mereka ingin ketahui terkait dengan Angkatan Laut, dan juga Lantamal II Padang akan tugas dan kewajiban mereka, serta kegiatan apa saja yang Korps Marinir ini lakukan,” tukasnya.

Rombongan disambut oleh Serka Laut Subardi, yang telah bertugas keliling Indonesia, di Mako Lantamal II Padang, yang menjelaskan tentang tugas dan peran Angkatan Laut, serta alutsista apa saja yang ada di Angkatan Laut.

Baca Juga:  Wako Pariaman Sampaikan Nota Penjelasan LPj APBD dan LKPD Audited 2021

“Rombongan kita juga berkesempatan menaiki 2 kapal perang yang yang sedang lepas jangkar di Pelabuhan Bungus, yaitu Kapal perang Republik Indonesia (KRI) Kelabang 826 dan KRI Kala Hitam 828 milik Lantamal II Padang,” ungkapnya lebih lanjut.

Yurnal berharap kegiatan Study Lapangan ini dapat meningkatkan semangat belajar siswa siswi SD di Kota Pariaman, dimana saat ini baru Kecamatan Pariaman Timur, untuk kegiatan berikutnya, kiranya dapat diikuti oleh pelajar lainya, mulai dari tingkat SD sampai SMA.

“Studi Lapangan ini dapat me-refresh pikiran anak didik kita, yang jenuh dengan pembelajaran yang didapat di sekolah, sehingga mereka ini dapat belajar sesuatu yang baru di lapangan, dan mereka lebih enjoy dan kreatif untuk mengetahui hal yang mereka lihat dan dapatkan selama berkunjung ke Lantamal II Padang ini,” tutupnya.

Kabid Dikdas Dikpora Kota Pariaman ini juga memberikan cenderamata berupa miniatur Tabuik kepada Serka Laut Subardi dan juga oleh-oleh makanan khas Kota Pariaman. (*)