Jelang Diresmikan Presiden, Pasar Pariaman Disterilkan

42
Wali Kota Pariaman Genius Umar langsung turun memimpin pembersihan puing-puing di Pasar Pariaman. Sebelum diresmikan pasar sudah harus bersih. (Diskominfo Pariaman)

Sebelum peresmian Pasar Rakyat Pariaman 30 Maret 2021, Pemerintah Kota Pariaman terus berbenah dengan kembali melakukan gotong-royong bersama Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota Pariaman membersihkan puing-puing dan sampah di pasar penampungan yang sudah dibongkar kemarin.

Wali Kota Pariaman, Genius Umar langsung memimpin goro tersebut didampingi Wakil Wali Kota Mardison Mahyuddin, Forkopimda, kepala OPD dan seluruh ASN di lingkungan Pemko Pariaman tanpa terkecuali, dan dibantu oleh masyarakat serta pedagang.

“Mengingat peresmian Pasar Pariaman tinggal beberapa hari lagi, hari ini kita mengajak seluruh jajaran ASN Pemko Pariaman tanpa terkecuali untuk ikut gotong royong bersama di lokasi acara peresmian nanti,” ujar Genius Umar kepada Padang Ekspres kemarin.

Genius menjelaskan, sudah dua hari ini melaksanakan goro di lokasi bekas pasar penampungan ini, baik yang di depan Pasar Rakyat Pariaman maupun di dekat lapangan merdeka, karena semuanya harus bersih dan steril.

“Ia goro membersihkan puing-puing dan sisa sampah-sampah pedagang di pasar penampungan sebelumnya, dan seterusnya nanti Damkar akan menyiram jalan ini sebelum kita lakukan pengaspalan,” ujarnya.

Selain itu, beberapa alat berat dan truk sampah pun diturunkan Pemko Pariaman untuk mengangkut puing-puing dan sampah tersebut. Dikatakannya, pihaknya akan melakukan pengaspalan jalan di sekitar area Pasar Pariaman tersebut, terutama untuk jalan di depan Pasar Rakyat Pariaman karena disanalah lokasi acara peresmian akan diadakan.

Baca Juga:  Genius Umar Lepas 6 Orang Peserta Pelatihan ke BBPLK Semarang

Genius juga menambahkan, pasar kebanggaan masyarakat Kota Pariaman ini dibangun dengan konsep green building atau konsep hijau dimana bangunannya menghemat listrik dan juga air.

“Pasar ini dibuat dengan ramah terhadap gempa dan tsunami, karena diatasnya ada shelter dengan tiang pancang kebawahnya mencapai kedalaman 26 meter,” terangnya.

Rancangan pasar kebanggaan warga Kota Pariaman ini dirancang langsung oleh arsitek terbaik dan berdiskusi dengan Kementerian PU. Disamping itu, konsep pariwisatanya juga bisa masuk, karena di shelter itu juga ditanam bunga, dan pujasera.

View diatasnya pun juga sangat bagus dan luarbiasa. “Pasar ini juga menggunakan solarsel dimana sebagian dari tenaga listrik yang ada disini menggunakan tenaga matahari,” ujarnya.

Sebelumnya Pasar penampungan Kota Pariaman yang terletak di depan pasar rakyat Kota Pariaman hari ini Sabtu (27/3) mulai dilakukan pembongkaran. Pembongkaran dilakukan setelah semua pedagang dipasar penampungan mengisi kios-kios yang ada di pasar rakyat Kota Pariaman. Pembongkaran dipantau langsung oleh Wali Kota Pariaman Genius Umar bersama seluruh Kepala OPD di lingkungan Pemko Pariaman.

Pemantauan dilakukan agar apa yang akan menjadi kendala, bisa diatasi secepat mungkin sehingga peresmian pasar rakyat Kota Pariaman bisa berjalan lancar dan sukses.
Pembongkaran pasar penampungan diawasi juga oleh pihak TNI, Polri, Dinas Perhubungan dan Dinas Satpol PP dan Damkar Kota Pariaman. (nia)