Bantuan Cair Awal Mei, Tempel Data Penerima di Kantor Camat

Walikota Pariaman, Genius Umar. (Foto: Dok. Diskominfo)

Awal Mei Pemerintah Kota Pariaman akan menyalurkan bantuan sosial (bansos) bagi masyarakat yang terdampak ekonominya akibat pandemi Covid-19.

Sebanyak 20.060 kepala keluarga (KK) dari total 25.486 KK di Kota Pariaman, akan menerima bansos. Rinciannya, PKH 2.220 KK, Program Sembako 1.004 KK, BLT Kemensos 4.800 KK dan BLT Provinsi Sumbar 2.142 KK.

Sedangkan dari APBD Kota Pariaman dan Dana Desa 9.894 KK. Rinciannya dari Desa 4.600 KK, dari Kota Pariaman 5.294 KK yang akan menerima bansos masyarakat terdampak Covid-19.

“Kita sudah beberapa kali rapat membuat daftar siapa saja masyarakat yang berhak menerima bantuan sosial ini, dan hari ini sudah clear. Nama-nama masyarakat by name by adress ini kita serahkan ke pihak penyalur bansos, seperti Pos Indonesia, BNI dan BRI,” ujar Wali Kota Pariaman Genius Umar ketika memimpin rapat finalisasi masyarakat penerima bansos di Aula Balaikota Pariaman, Rabu (29/4/2020).

Genius Umar juga meminta agar data masyarakat penerima ditempel di kantor camat dan kantor desa, baik penerima PKH (Program Keluarga Harapan), BLT (Bantuan Langsung Tunai) mulai dari Kemensos, BLT Provinsi, BLT Kota Pariaman serta BLT dari Dana Desa.

“Dengan adanya data ini, kita tidak menginginkan masyarakat penerima bantuan hanya itu-itu saja. Penerimanya merata karena mereka yang telah terdata mendapatkan bantuan PKH, mereka tidak berhak lagi menerima bantuan BLT lain,” tukasnya.

Data masyarakat penerima bansos, kata Genius, sudah diserahkan kepada perbankan. BLT Pemko Pariaman disalurkan oleh BRI. Selain di ATM dan kantor BRI, bansos dapat diambil penerima di agen-agen BRI.

BLT Desa disalurkan BNI. Dapat dicairkan di kantor BNI dan ATM serta bekerja sama dengan Bumdes. Sedangkan PKH dan BLT Kemensos disalurkan Pos Indonesia, di antar ke rumah.(rel/esg)