Perekaman e-KTP, Disdukcapil Pariaman Datangi Rumah Warga 

14
Disdukcapil Pariaman menjemput bola pelayanan e-KTP kepada warga Pariaman. (Diskominfo Pariaman)

Pemerintah Kota Pariaman berupaya memberikan sepenuhnya hak warga yang berkebutuhan khusus termasuk memiliki e-KTP. Hal ini dilakukan dengan melakukan perekaman e-KTP ke rumah warga berkebutuhan khusus dan sakit menahun.

Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan dan Pemanfaatan Data Disdukcapil Kota Pariaman Fauzan menjelaskan, perekaman e-KTP bagi warga berkebutuhan khsus dan sakit menahun mulai dilakukan Rabu (28/4).

Perekaman sesuai dengan data yang peroleh dari desa atau kelurahan. Kegiatan ini merupakan inovasi dari Disdukcapil Kota Pariaman. Sebab warga dengan penyakit menahun dan berkebutuhan khusus sangat sulit untuk datang langsung ke Kantor Disdukcapil Kota Pariaman.

Sementara mereka tetap masih harus memiliki dokumen kependudukan karena hal tersebut dibutuhkan untuk berobat termasuk untuk keperluan lainnya. Sementara itu Kepala Seksi Kerja Sama dan Inovasi Pelayanan Disdukcapil Kota Pariaman Syamsuherni menjelaskan, kegiatan ini telah dilaksanakan dari tahun sebelumnya.

”Sampai saat ini lebih kurang dari 65 orang warga berkebutuhan khusus yang telah dilakukan perekaman e-KTP,” sebutnya.

Dengan layanan ini ia berharap semua warga Kota Pariaman baik lansia, disabilitas dan berkebutuhan khusus memiliki e-KTP sehingga merekapun bisa mendapatkan hak-hak yang harus diterima karena telah memiliki e-KTP.

Baca Juga:  BPJS Ketenagakerjaan Serahkan Beasiswa untuk 8 Anak Pekerja

Untuk program ini ada beberapa tahapan pengecualian. Misalnya perekaman sidik jari tidak bisa dilakukan karena kondisi telapak tangan yang terkepal. Ini merupakan salah satu kemudahan yang diberikan Disdukcapil untuk warga berkebutuhan khusus di Kota Pariaman.

Ernis Tanefi salah satu anak dari warga berkebutuhan khusus yang dilakukan perekaman kemarin mengucapkan banyak terima kasih kepada Pemko Pariaman khususnya Disdukcapil Kota Pariaman yang telah bersedia melakukan perekaman langsung ke rumah.

Hal ini karena keterbatasan kondisi orang tuanya yang tidak memungkinkan untuk datang ke kantor sementara sang ibu belum memiliki e-KTP. ”Terima kasih banyak Pemko Pariaman dan Disdukcapil Kota Pariaman atas partisipasinya. Ini semua sangat bermanfaat bagi kami, ujarnya.

Banyak sekali manfaat e-KTP ini. Salah satunya penerimaan bantuan yang harus melampirkan dokumen tersebut. (*/bis)

Previous articlePresiden Minta Kada Terus Pantau Perkembangan Kasus Covid-19
Next articleSebaran Massif, 16 Daerah Zona Orange