Ratusan Anggota PPS Kota Pariaman Jalani Rapid Test

13
Anggota PPS KPU Kota Pariaman saat pemeriksaan rapid Test di Kantor KPU Kota Pariaman, Jumat (26/6/2020). (IST)

Ratusan anggota PPS di Kota Pariaman menjalani rapid test. Hal ini untuk memastikan PPS bebas Covid-19 sehingga tidak menularkan kepada warga saat verifikasi.

Ketua KPU Pariaman Aisyah kepada Padang Ekspres menjelaskan, sebanyak 213 anggota PPS Kota Pariaman yang mengikuti rapid tes. Hal ini untuk memastikan bahwa anggota PPS yang akan turun ke masyarakat untuk melakukan verifikasi faktual dalam kondisi sehat, bebas Covid-19.

”Alhamdulillah sebagian besar hasil rapid test-nya non reaktif. Empat orang lagi hasil tesnya tidak jelas. Maka kami putuskan yang empat orang ini tidak turun untuk verifikasi faktual,” ujarnya.

Verifikasi faktual dilakukan ke warga untuk mengecek langsung dukungan yang diberikan warga kepada pasangan calon gubernur/ wakil gubernur dari jalur perseorangan. Untuk Sumbar, paslon jalur perseorangan adalah pasangan Fakhrizal yang merupakan mantan Kapolda Sumbar dengan Genius Umar yang saat ini menjabat sebagai Wali Kota Pariaman.

Untuk Kota Pariaman, verifikasi faktual mulai berlangsung Minggu (28/6). Saat pelaksanaan verifikasi, anggota PPS dilengkapi APD seperti masker, faceshield, sarung tangan, thermo gun dan alat tulis masing-masing. Thermo gun digunakan untuk memeriksa suhu anggota PPS sebelum berangkat verifikasi faktual ke rumah-rumah warga.
”Alhamdulillah seluruh tim yang turun hari ini suhunya normal. Verifikasi faktual akan berlangsung hingga 11 Juli mendatang,” ujarnya.

Aisyah mengimbau untuk pendukung agar memberikan keterangan yang jelas pada saat verifikasi faktual. Pantauan Padang Ekspres di lapangan, verifikasi faktual yang dilakukan anggota PPS memenuhi protokol kesehatan. Anggota PPS memakai APD masker, faceshield, handsanitaizer dan menjaga jarak. (nia)