Jalur KA Sibinuang Diuji Coba jelang Operasional 1 Agustus

Kadivre II PT KAI Sumatera Barat, Insan Kesuma dan jajaran menguji coba kembali jalur KA Sibinuang, Rabu (29/07/2020). (IST)

Jelang diaktifkannya kembali Kereta Api (KA) Sibinuang jurusan Padang-Pariaman, jajaran Divre (Divisi Regional) II PT KAI (Kereta Api Indonesia) Sumatera Barat, menjajal jalur KA dari Stasiun Kuraitaji ke Stasiun Pariaman dengan menggunakan lori, Rabu (29/07/2020).

Rombongan ini dipimpin langsung Kadivre (Kepala Divisi Regional) II PT KAI Sumbar, Insan Kesuma.

Insan Kesuma mengatakan, kegiatan ini sebagai salah satu sosialisasi kepada masyarakat sekaligus pengecekan keadaan jalur kereta api yang telah lama tidak dilalui pasca pandemi Covid-19 melanda Sumatera Barat. Dimana PT KAI menutup layanan keberangkatan kereta api jurusan Padang-Pariaman sejak 25 April 2020 yang lalu.

“Hari ini kami bersama jajaran Divre II PT KAI Sumbar menjajal jalur kereta api dari Stasiun Kuraitaji ke Stasiun Pariaman yang terletak di kawasan wisata Pantai Gandoriah, dengan menggunakan lori. Sbelum kita mengaktifkan kembali Kereta Api Sibinuang dari Kota Padang ke Kota Pariaman pada 1 Agustus mendatang,” jelasnya.

Dia menyebut, PT KAI akan mengoperasikan kembali perjalanan kereta api di wilayah Divisi Regional II Sumatera Barat, dengan tetap pemberangkatan seperti biasa, yaitu sama seperti sebelumnya yakni sebanyak 8 kali perjalanan (pulang-pergi).

Insan Kesuma juga menjelaskan bahwa hal ini juga sesuai dengan permintaan banyak pihak dan antusiasme masyarakat untuk menikmati kembali transportasi kereta api yang menjadi favorit masyarakat Padang dan Pariaman ini.

“Kita juga mengakomodir permintaan Pemko Pariaman dimana hal ini sebagai bentuk dukungan Divre II PT KAI Sumbar, untuk mendukung pengembangan destinasi wisata di Kota Pariaman, khususnya Pantai Gandoriah yang merupakan salah satu destinasi wisata yang sangat diminati masyarakat Sumatera Barat,” tuturnya.

Rombongan yang tiba di Stasiun Pariaman, disambut Sekretaris Daerah Kota Pariaman, Fadli, Danramil I Pariaman, Mayor Irwan T, Kadis Pariwisata dan Kebudayaam, Alfian, Kadis Perhubungan, Yandrileza, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah, Buyung Lapau, Kadis Kominfo, Hendri, dan Lurah Pasir, M. Taufik. (*)