Pemko Pariaman Subsidi Peserta BPJS Mandiri

Kepala BPJS Cabang Pariaman, Sari Rusfa bersama Kadindos Pariaman Afnil, serta perwakilan Dinkes dan BPKPD Pariaman mengikuti webinar Kemendagri, kemarin. (IST)

Pemko Pariaman menyediakan subsidi bagi peserta BPJS mandiri. Namun, hanya dikhususkan pada peserta yang terdaftar di kelas III. Nilai subsidinya Rp 2.800 per orang setiap bulannya.

Kebijakan itu diambil Pemko Pariaman dari perubahan Perpres Nomor 82 Tahun 2018 ke Perpres Nomor 64 Tahun 2020 tentang Jaminan Kesehatan. Seperti diketahui ada dua jenis Penerima Bantuan Iuran (PBI). Yakni PBI Jaminan Kesehatan (PBI-JK) dan PBI Pemerintah Daerah (PBI-Pemda).

“Artinya, peserta yang selama ini dijamin daerah, masuk ke PBI-Pemda. Sedangkan PBI-JK fokus pada peserta yang terdaftar di APBN atau terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS),” kata Kepala BPJS Cabang Pariaman, Sari Rusfa saat webinar yang digelar Kementerian Dalam Negeri RI, di ruang rapat Sekko Pariaman, kemarin.

Tahun 2021, katanya akan ada penambahan peserta mandiri aktif yang terdaftar di APBD Pemko Pariaman. Iuran mereka bakal disubsidi oleh Pemko Pariaman sebanyak Rp 2.800 perorang setiap bulannya. “Peserta yang disubsidi itu khusus di kelas III. Jumlahnya sekitar 3.651 orang,” ujar Sari.

Sari menjelaskan PBI-Pemda bakal memaksimalkan jaminan kesehatan bagi pegawai honorer di sana. Jaminan kesehatannya 4 persen dari pemberi kerja, lalu 1 persen dari pekerja untuk 5 jiwa sekaligus. (nia)