Pokdar Kamtibmas Ikut Jaga Keamanan Pilkada

21
Plt. Walikota Pariaman Mardison Mahyuddin memasangkan rompi saat pengukuhan Pokdar Kamtibmas Wilayah II di Pariaman. (Diskominfo Pariaman)

Di tengah pandemi Covid-19 dan pelaksanaan pilkada serentak, situasi rawan bisa saja tak terelakan. Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Pokdar Kamtibmas) diharapkan turut membantu kepolisian dalam menciptakan lingkungan aman.

”Jumlah kepolisian dengan masyarakat yang melakukan pembinaan tidak seimbang. Tertumpang harapan pada Pokdar Kamtibmas akan menjadi sitawa sidingin untuk menyelesaikan permasalahan di tengah masyarakat,”ujar Wakil Wali Kota Pariaman Mardison Mahyudin saat Pengukuhan Pokdar Kamtibmas Wilayah II yang terdiri dari Pariaman, Kabupaten Padangpariaman dan Kabupaten Agam di Aula Balaikota Pariaman (28/9).

Pengukuhan itu sendiri dilakukan Wakapolda Sumbar Brigjen Pol Edi Mardianto.
Mardison Mahyuddin juga menjelaskan ada 3 hal pokok yang harus diselesaikan Pokdar Kamtibmas di tengah masyarakat.  Pertama mencegah terjadinya konflik pilkada. Diketahui saat sekarang akan ada pesta demokrasi untuk pemilhan baik Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati.

Pokdar Kamtibmas mempunyai strategi untuk hal tersebut agar berjalan dengan aman dan lancar. Selanjutnya kedua memberikan pemahaman terhadap masyarakat yang masih enggan dan belum percaya dengan Covid-19.

Brigjen Pol Edi Mardianto mengungkapkan pengukuhan Pokdar Kamtibmas ini dalam upaya untuk menciptakan kamtibmas yang kondusif. Memberikan pelayanan maksimal serta dapat menyelesaikan masalah di tengah masyarakat.

Baca Juga:  Rekapitulasi DPT Pilkada 2020, Jumlah Pemilih Susut 7 Juta

Terutama dalam mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk memahami, mengindentifikasi akar masalah. Pokdar Kamtibmas diharapkan dapat memberikan bimbingan dan penyuluhan kepada masyarakat tentang permasalahan kamtibmas. (nia)