PPID Pembantu Diminta Serahkan DIP ke PPID Utama Kota Pariaman

PPID Utama Kota Pariaman menerima DIP dari PPID Pembantu di ruang PPID Utama Kota Pariaman, Balaikota Pariaman, Selasa (30/6/2020). (IST)

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Utama Kota Pariaman menerima dokumen DIP (Daftar Informasi Publik) dari PPID Pembantu Kelurahan Alai Gelombang dan PPID Pembantu Bagian Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Setdako Pariaman, di Ruang PPID Utama Dinas Kominfo Kota Pariaman, Balaikota Pariaman, Selasa (30/6/2020).

“PPID berfungsi sebagai pengelola dan penyampai dokumen yang dimiliki oleh badan publik sesuai dengan amanat UU 14/2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Dengan keberadaan PPID maka masyarakat yang akan menyampaikan permohonan informasi lebih mudah dan tidak berbelit karena dilayani lewat satu pintu,” ungkap Staf PPID Utama Dinas Kominfo Kota Pariaman, Masriki.

Ia menjelaskan, sesuai Keputusan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 117 Tahun 2010, tentang Organisasi Pengelola Informasi dan Dokumentasi dimana salah satu tugas dari PPID adalah menyediakan akses informasi publik bagi pemohon informasi.

“Terkait dengan tugas tersebut, PPID menetapkan standar layanan informasi di lingkungan kerja masing-masing, dalam rangka penyelenggaraan pelayanan publik dengan menyediakan sarana, prasarana, fasilitas berupa desk layanan informasi dan fasilitas pendukung lainnya,” tuturnya.

Selain itu untuk PPID Pembantu berfungsi sebagai Penyedia data/informasi publik yang berada dibawah kewenangannya, yang bertanggung jawab kepada PPID Utama, Menjamin ketersediaan dan akselerasi layanan informasi dan dokumentasi bagi pemohon informasi secara cepat, tepat, berkualitas dengan mengedepankan prinsip-prinsip pelayanan prima.

“PPID Pembantu juga bertugas untuk mengumpulkan, mengolah dan mengkompilasi bahan dan data lingkup komponen dilingkungan OPD menjadi bahan informasi publik, menyampaikan laporan pelaksanaan kebijakan teknis dan pelayanan informasi dan dokumentasi kepada PPID Utama secara berkala dan sesuai dengan kebutuhan, serta melaksanakan kebijakan teknis informasi dan dokumentasi sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya,” jelasnya.

Ia berharap PPID Pembantu lainnya yang ada di OPD dan instansi di Kota Pariaman, yang belum menyerahkan dokumen Daftar Informasi Publik-nya, agar dapat segera menyerahkanya kepada PPID Utama, sebagai kelengkapan PPID Utama Kota Pariaman dalam menyusun DIP-nya. (*)