Wako Pariaman Apresiasi Kinerja PMI Kota Pariaman

7

Saat membuka Musyawarah Kota (Muskot) III PMI (Palang Merah Indonesia) Kota Pariaman, Walikota Pariaman, Genius Umar, memberikan apresiasi atas kinerja PMI selama ini. Acara ini, dilaksanakan di balairung rumah dinas walikota, Senin (31/05/2021).

“PMI selama ini telah banyak memberikan manfaat bagi masyarakat, baik tentang kebencanaan maupun kesehatan. Apalagi pada masa pandemi Covid-19 yang kita alami saat ini, PMI mempunyai peranan krusial dalam mengantisipasi penyebaran meluasnya virus korona di Kota Pariaman,” ujarnya.

Genius menuturkan ada 4 tugas pokok PMI yang perlu dipahami oleh para anggota dan relawan. “Pertama adalah tentang kesiapsiagaan bantuan dan penanggulangan bencana, kedua pelatihan pertolongan pertama untuk sukarelawan, ketiga pelayanan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat dan keempat pelayanan transfusi darah,” tuturnya.

“Peran PMI adalah membantu pemerintah di bidang sosial kemanusiaan, terutama tugas kepalangmerahan, sehingga peranan mereka terasa manfaatnya oleh masyarakat dan wisatawan yang telah bertugas dengan baik selama ini,” ungkapnya.

Lulusan S3 IPB ini juga menuturkan bagaimana PMI dapat mendampingi petugas Polisi Pamong Praja (Pol PP) dan BPBD, dalam memberikan pelatihan, bersama dengan Dinas Kesehatan, tentang pertolongan pertama kepada orang yang membutuhkan nantinya, ulasnya.

Baca Juga:  Kalapas Pariaman Silaturahmi dengan Wako Genius, Ini Pembahasannya

“Pada awal Covid-19 melanda Kota Pariaman, PMI berada di garda terdepan, mulai dari penyiapan petugas di posko-posko perbatasan, sampai ikut keliling dalam mensosialisasikan bahaya Covid-19 serta mencegah penyebaranya dengan turunya relawan PMI langsung ke Masyarakat,” tukasnya

“Kami mengucapkan terimakasih kepada pengurus PMI sebelumnya, dan pada Muskot kali ini, pengurus yang baru terpilih nantinya, dapat lebih baik lagi dan terus meningkat kan SDM para anggota dan relawannya,” tutupnya mengakhiri.

Dalam Muskot III PMI Kota Pariaman ini, juga dihadiri oleh Ketua PMI Provinsi Sumatera Barat, Aristo Munandar, beserta jajaran, Wakil Ketua DPRD Kota Pariaman, Mulyadi, Forkopimda, Ketua PMI yang lama Syahrul, OPD terkait, Pengurus PMI Kota, Pengurus PMI Ranting dan Relawan serta tamu undangan yang hadir. (*/bis)