Pernah Nginap di Rumah Pasien Covid-19, Tes Swab Satu Warga Pasbar Positif

Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Pasbar Yulianto memberikan keterangan kepada media. (Foto: Rohimuddin)

Seorang warga Jorong Paroman, Kecamatan Talamau, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) berinisial R dinyatakan positif terjangkit virus korona (Covid-19) berdasarkan hasil uji swab Laboratorium Biomedik Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (FK-Unand), Rabu (15/4).

Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Pasbar Yulianto mengatakan, kepastian R positif Covid-19 setelah pihaknya menerima hasil tes swab Laboratorium Biomedik FK-Unand.

Dari penelusuran tim medis, kata Yulianto, R sebelumnya memiliki riwayat kontak saat ke Padang dan menumpang menginap di rumah HA, pasien positif Covid-19. HA meninggal dunia beberapa hari lalu di RSUP M Djamil Padang.

“Kini, R, pasien perdana positif virus korona di Pasbar itu telah dibawa ke Rumah Sakit Unand di Padang guna menjalani perawatan medis,” kata Yulianto yang juga Bupati Pasbar itu didampingi Sekkab Yudesri.

Setelah mengetahui R positif, selanjutnya Gugus Tugas melakukan tracking atau penelusuran riwayat kontak pasien dan melakukan tes swab keluarganya.

Selain itu, pengawasan ketat terhadap keluarga pasien tersebut oleh dinas kesehatan dan pihak nagari setempat.

Sebelumnya, kata Yulianto, HA yang telah meninggal di Padang, dimakamkan di Talamau Pasbar sesuai protokoler kesehatan.

Selain R yang sudah dinyatakan positif Covid-19, terdapat 15 orang lagi yang dilakukan tes swab dan dinyatakan negatif. Pengambilan swab dilakukan Senin lalu di Gedung Diklat Talu yang sudah disiagakan sebagai tempat karantina Covid-19.

Sebelumnya, Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumbar Jasman Rizal menyebutkan, satu dari tujuh pasien baru positif Covid-19 berasal dari Pasbar. Seorang wanita berusia 60 tahun.

“Ia merupakan kakak dari yang positif sebelumnya,” kata Jasman. Total pasien positif di Sumbar hingga Rabu (15/4) mencapai 55 orang.(roy)