GoTo, YABB dan Komunitas Mitra Driver, Salurkan Bantuan untuk Pasbar

57

GoTo, perusahaan teknologi terdepan di Indonesia yang menaungi Gojek, Tokopedia dan GoTo Financial bersama Yayasan Anak Bangsa Bisa (YABB) serta komunitas mitra driver Gojek roda dua dan roda empat di Padang menyalurkan bantuan berupa kebutuhan sehari-hari bagi masyarakat yang terdampak gempa di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat.

Nila Marita, Chief Corporate Affairs GoTo dan anggota Executive Board YABB, mengatakan, “Kami sangat prihatin terhadap gempa yang terjadi di Pasaman Barat pada akhir bulan Febuari lalu yang mengakibatkan puluhan ribu masyarakat kehilangan tempat tinggalnya. Menjelang Ramadan, kami melihat masih diperlukan pemenuhan kebutuhan dasar bagi korban gempa. Oleh karena itu, kami menyalurkan bantuan ini untuk membantu para keluarga di Pasaman Barat agar mereka dapat beribadah dengan tenang selama bulan Ramadan. Kami sadar akan pentingnya kehidupan masyarakat di kemudian hari, untuk itu kami mengajak semakin banyak pihak untuk berkolaborasi mendukung pemulihan daerah yang terdampak.”

Secara keseluruhan, berdasarkan data BNPB dampak gempa bumi tanggal 25 Februari 2022 silam yang berkekuatan 6.1 SR ini telah mengakibatkan 103 unit rumah rusak berat, 5 unit rumah rusak ringan, kurang lebih 1.307 unit rumah rusak ringan, 3 unit fasilitas pendidikan rusak berat, 2 rumah ibadah rusak, 1 bangunan fasilitas umum rusak, termasuk beberapa bangunan milik pemerintahan.

GoTo dan YABB menyalurkan bantuan tanggap darurat tersebut secara langsung di Pasaman Barat, untuk didistribusikan ke posko-posko pengungsian yang saat ini masih ditempati oleh 10 ribu jiwa yang terdampak gempa hingga minggu keempat pasca terjadinya gempa.

Di sisi lain, Wakil Bupati Pasaman Barat Risnawanto menyampaikan, “Kami menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang mendalam atas bantuan yang disampaikan. Gerakan  yang dicanangkan GoTo ini sejalan dengan semangat optimisme yang kami  bangun bagi warga yang terdampak bencana di Pasaman Barat. Kami terima amanah ini dan akan segera kami sampaikan ke para warga yang membutuhkan”.

Ridawarsa, Ketua PMI Pasaman Barat, mengatakan, ”Kami menyampaikan terima kasih kepada GoTo dan YABB atas kepercayaannya bermitra dengan PMI Kabupaten Pasaman Barat dalam mendistribusikan bantuan untuk korban gempa. Semoga kedepannya akan terjalin kerjasama dalam berbagai kegiatan sosial lain di wilayah ini.”

Bantuan tanggap darurat GoTo dan YABB yang diberikan kepada para korban terdampak gempa yang saat ini berada di tenda-tenda pengungsian adalah berupa bantuan pakaian, obat-obatan, selimut, sabun dan peralatan penunjang kebutuhan higienitas sehari-hari. Turut bergabung dalam penyerahan bantuan, komunitas Mitra Driver Gojek roda dua dan empat di Padang sebagai wujud solidaritas dan gotong royong kemanusiaan para mitra.

Pemberian bantuan tanggap darurat merupakan bagian dari upaya berkelanjutan gotong royong GoTo untuk  warga terdampak bencana di berbagai wilayah di Indonesia. Sebelumnya, pada di 2021 silam, GoTo bersama YABB juga menyerahkan bantuan tanggap darurat kepada ribuan korban bencana alam erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur. Tak hanya tanggap darurat, YABB juga membangun kembali sekolah, memberikan bantuan bagi 119 anak-anak PAUD dan 10 orang guru yang terdampak bencana ini. Di tahun yang sama, YABB bersama GoTo juga memberikan bantuan ‘Back2School’ kepada korban gempa di Mamuju dan Majene, Sulawesi Barat.

GoTo dan YABB berharap semoga semangat gotong royong dapat mendorong pihak lain untuk bergerak bersama untuk menciptakan dampak yang bermakna bagi masyarakat Pasaman Barat.(*)