Berbagi Kebahagian Dengan Korban Gempa

6
BERBAGI: Anak-anak di pengungsian Kabupaten Pasbar menerima bantuan Al Quran dari IZI Sumbar dan BEM KM Unand.

Dampak bencana gempa bumi yang melanda Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) sekitar 3 bulan yang lalu masih menyisakan kesedihan bagi masyarakat, bahkan saat memasuki bulan suci Ramadhan.

Dalam rangka meringankan beban masyarakat terutama yang masih berada di pengungsian dan di hunian sementara, Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Perwakilan Sumbar bersama BEM KM Universitas Andalas (Unand) menyerahkan bantuan berupa perlengkapan beribadah dan bantuan uang tunai.

Kabid Pendayagunaan IZI Sumbar Nidi Annisa Riva mengatakan, pemberian bantuan kepada masyarakat terdampak gempa bumi di Kabupaten Pasbar bertujuan untuk meringankan beban masyarakat di pengungsian dan juga membagikan kebahagiaan di bulan Ramadhan.

“Bantuan yang diberikan itu berupa 51 Paket Ramadhan, 49 perlengkapan ibadah berupa mukena, peci dan sarung, 36 paket anak sholeh untuk yatim piatu, 40 paket sebar Al Quran dan Iqra, serta fasilitas belajar berupa pojok literasi untuk mushala darurat dari BEM KM Unand,” jelasnya.

Dijelaskan, alasan diberikan bantuan perlengkapan beribadah bagi masyarakat adalah agar masyarakat bisa khusyuk dan nyaman beribadah selama bulan Ramadhan sampai Hari Raya Idul Fitri nantinya.

Salah satu masyarakat Nagari Kajai, Kabupaten Pasbar, Erna mengucapkan terima kasih kepada IZI Sumbar dan BEM KM Unand yang telah memberikan bantuan dan perhatian kepada mereka di pengungsian.

“Alhamdulillah, terima kasih kepada para donatur dan tim IZI yang sudah sangat membantu sehingga kami bisa merasakan kenikmatan Ramadhan. Mushala darurat yang dibangun IZI bisa kami gunakan untuk beribadah di bulan yang penuh berkah ini,” ungkapnya. (rel)