Pengedar Melawan, Kepala BNNK Terluka

81
Barang bukti tangkapan pelaku. (IST)

Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Pasaman Barat (Pasbar) menangkap seorang pelaku penyalahgunaan narkotika jenis ganja, di Langgam, Nagari Kinali, Kecamatan Kinali, Senin (28/12) malam. Kini pelaku bersama barang bukti sudah diamankan di kantor BNNK setempat guna proses hukum lebih lanjut.

Dalam penangkapan ini, tersangka juga sempat melukai Kepala BNNK Pasbar, Irwan Effenry Am dengan celurit. Akibatnya, bagian punggung Kepala BNNK Pasbar terpaksa dijahit sekitar 18 jahitan.

Informasi dihimpun Padang Ekspres, Tim BNNK menangkap tersangka berinisial ET, 28, warga Kinali, Jorong Langgam, Nagari Kinali, Kecamatan  Kinali  Senin (28/12) sekitar pukul 20.30. Ketika itu pelaku berada di dalam sebuah pondok di kebun milik orangtuanya.

Selama ini, ada laporan warga, bahwa pelaku sering melakukan aktivitas yang mencurigakan yakni mengedarkan narkoba jenis ganja kering di sekitar Kinali. Perbuatan pelaku ini sudah meresahkan masyarakat sekitar, karena dapat merusak generasi muda.

Lalu petugas langsung ke lokasi dan melakukan pengintaian di lokasi yang ditunjukkan oleh warga yang melapor. “Ya, ada informasi awal dari warga Kinali, bahwa pelaku ini sering mengedarkan narkotika jenis ganja kering di kawasan Jorong Langgam. Makanya langsung kita ke lokasi melakukan pengintaian dan kita tangkap. Pelaku sempat juga melakukan perlawanan, Karenan saya sempat dibacok dan untung tidak melukai perut saya,” kata Kepala BNNK Pasbar, Irwan Effenry Am  kepada Padang Ekspres di Simpang Empat, Selasa (29/12).

Dari hasil penangkapan itu, petugas berhasil mengamankan barang bukti berupa satu botol bekas air mineral yang di dalamnya berisi narkotika golongan satu diduga ganja kering (250 gram), satu paket kecil narkotika ganja kering yang dibungkus dengan plastik warna biru. Satu unit telepon selular dan satu bilah senjata tajam jenis celurit.

Dikatakan, saat kejadian itu, kronologisnya pelaku melakukan perlawanan dengan melayangkan sebilah celurit ke arahnya dan mengenai punggungnya hingga mengalami luka robek. Namun, bersyukur pelaku bisa dilumpuhkan berkat kerja keras para petugas di lapangan.

Saat ini pelaku bersama barang bukti lainnya telah diamankan di Kantor BNNK Pasbar, untuk proses hukum lebih lanjut. “Ya, kami sebenarnya tidak ada masalah karena ini risiko tugas kami dalam penegakan hukum demi menyelamatkan generasi bangsa. Kita berharap masyarakat dapat terus bekerja sama memberantas narkoba di Pasaman Barat,” tegasnya. (roy)