Andi Markoni Pimpin IPTI Pasaman 2022-2027

50

Ikatan Pemuda Tarbiyah Islamiyah (IPTI) Kabupaten Pasaman Periode 2022-2027 resmi dilantik.

Pengurus Ikatan Pemuda Tarbiyah Islamiyah (IPTI) Kabupaten Pasaman Periode 2022-2027 resmi dilantik di Aula Kogusda Lubuk Sikaping, Minggu (3/7/2022).

Kegiatan itu dihadiri Bupati Pasaman Benny Utama, Kakan Kesbangpol Kabupaten Pasaman, Anggota DPRD Kabupaten Pasaman, MUI Kabupaten Pasaman, Kemenag Kabupaten Pasaman, DPW IPTI Provinsi Sumbar, DPC Tarbiyah-PERTI Kabupaten Pasaman, Kominfo Kabupaten Pasaman dan Organisasi Kepemudaan Kabupaten Pasaman.

Ketua IPTI Sumbar Muhammad Arif mengatakan bahwa IPTI merupakan anak atau sayap dari Persatuan Tarbiyah Islamiyah-PERTI.

Ia juga menceritakan sejarah lahirnya organisasi yang dibawa oleh Syekh Sulaiman Arrasuli atau yang dikenal dengan sebutan Inyiak Canduang. Bahwa Inyiak Canduang merupakan murid langsung dari Syekh Khatib Al-Minangkabawi sewaktu belajar ilmu agama di Mekkah.

Sepulang dari Mekkah beliau mendirikan dan mengembangkan sebuah organisasi yang disebut dengan Persatuan Tarbiyah Islamiyah yang beritikat Ahlussunnah Waljamaah dan ber-mazhab Imam Syafi’i. Didirikan di Nagari Canduang Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

Muhammad Arif mengatakan bahwa IPTI Kabupaten Pasaman setelah dilantik agar dapat mengembangkan organisasi ini dengan penuh keyakinan dan penuh tanggung jawab.

“Saya berharap semoga IPTI Pasaman membangkitkan ruh spiritual ulama di Kabupaten Pasaman. Karena kalau dilihat dan dibaca sejarah terdahulu, bahwa Pasaman adalah tempat berkumpulnya ulama yang menjadi saksi sekarang disebut dalam sebuah negeri yaitu Kumpulan di Kecamatan Bonjol, Kabupaten Pasaman. Kemudian saya berharap bisa memimpin sekolah dan surau tempat pusat kajian dan wisata religi. Kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman dapat memperhatikan sekolah-sekolah dan pesantren di Kabupaten Pasaman,” ungkapnya.

Baca Juga:  Syekh Sulaiman Arrasuli, Diusulkan Gelar Pahlawan Nasional!

Ia juga berharap kepada seluruh pengurus dan jajaran tamu yang hadir, bahwa dalam rangka pengusulan Syekh Sulaiman Arrasuli sebagai Pahlawan Nasional agar dapat direalisasi segera dan Pemerintah Kabupaten Pasaman juga dapat memberikan dukungannya.

BupatiĀ  Pasaman mengucapkan selamat kepada pengurus yang baru saja dilantik. “Selamat kepada Andi Markoni selaku ketua IPTI Kabupaten Pasaman semoga dapat membangun Daerah Kabupaten Pasaman,” ujarnya.

Bupati menjelaskan bahwa ada beberapa program pendidikan dan pariwisata yang nanti bisa berkolaborasi bersama IPTI Kabupaten Pasaman.

Ketua IPTI Pasaman, Andi Markoni mengatakan Pemuda Tarbiyah hari ini memiliki taqline Pemuda Tarbiyah Bangkit Berjamaah.

“Apalagi Kabupaten Pasaman merupakan daerah yang multikultural, semoga IPTI Kabupaten Pasaman bisa menjalankan roda organisasi sesuai dengan khittah perjuangan tarbiyah islamiyah yaitunya pendidikan, dakwah dan sosial,” ungkapnya.(*)