Nevi Zuairina Tindaklanjuti Aspirasi, Bangun Embung di Pasaman

18

Aspirasi masyarakat kepada pemerintah pusat dan daerah agar membangun Embung untuk keperluan irigasi disampaikan masyarakat kepada anggota DPR RI Nevi Zuarina.

Nevi menerima laporan dari masyarakat Bubusan, Kecamatan Simpati, Kabupaten Pasaman akan banyaknya air yang tergenang sehingga tidak produktif di daerah itu.

Secara cepat dan koordinatif, Ia berkomunikasi dengan pemerintah pusat dan daerah melalui Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) dan Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera V agar menerima aspirasi masyarakat ini.

“Alhamdulillah, Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera V  dengan sigap dan cepat membangun embung di Simpati, Pasaman ini dari program pemerintah pusat, sehingga Embung telah Dibangun,” ungkapnya.

Pembangunan itu, dampaknya akan memberikan kemaslahatan bagi masyarakat sekitar sehingga semua kebutuhan air mulai dari rumah tangga, industri mikro dan kecil serta pertanian akan terpenuhi.

“Bahkan, perbaikan lingkungan pun akan mulai ada peningkatan kualitasnya. Dan yang paling menggembirakan, ini berpotensi sebagai objek wisata,” tutur Nevi.

Anggota DPR RI Fraksi PKS ini memberikan perhatian serius pada program aspirasi kerakyatan ini sehingga pemerintah merealisasi aspirasi masyarakat untuk pembangunan Embung.

Politisi PKS ini mengatakan, bahwa setiap anggota legislatif dari PKS, mulai dari DPR RI, DPRD provinsi, DPRD kabupaten wajib mengetahui dan mencari prioritas pembangunan sesuai kebutuhan masyarakat banyak.

Baca Juga:  Nevi Minta Pembangunan Infrastruktur Menggerakkan Ekonomi Daerah

Komunikasi dengan berbagai stakeholder terutama pemerintah sangat penting sehingga ada kesamaan visi dan misi pelayanan kepada masyarakat.

“Pembangunan embung diharapkan bisa menjadi solusi air tergenang yang selama ini terjadi di daerah Bubusan. Juga diharapkan dengan dibangunnya embung, kedepan bisa mencegah banjir, menjaga kualitas air dan bisa digunakan untuk pengairan ketika musim kemarau muncul,” ungkap Nevi.

Istri dari Gubernur Sumbar periode 2010-2021 ini juga menambahkan, embung yang dibangun pemerintah ini nantinya diproyeksikan bisa menjadi potensi wisata nasional ke depan. Mengingat, embung mengandung nilai estetika dan daya tarik tersendiri untuk kunjungan wisata dan tempat santai.

“Saya berharap, ada kolaborasi seperti ini antara pemerintah dan legislator demi kemakmuran rakyat. Tujuannya harus sejalan dan seirama sehingga mampu menghasilkan apa yang dibutuhkan masyarakat secara tepat, efektif dan efisien. Seperti Embung ini yang banyak sekali manfaatnya bagi kehidupan orang banyak bahkan bisa dimanfaatkan untuk sumber air baku yakni Air minum ketika PDAM sudah mengakses sumber air embung,” jelas Nevi.(rel)