Vaksinasi Covid, 1.725 Nakes Disiapkan

30
ilustrasi vaksinasi. (JawaPos.com)

Dinas Kesehatan Pasaman siap melakukan penyelenggaran pemberian vaksin Covid-19. Sebanyak 1.725 tenaga kesehatan (nakes) disiapkan sebagai vaksinator serta menjadi kelompok pertama divaksin. Dan menyiapkan 16 puskesmas sebagai tempat pelayanan.
“Untuk tahap awal, 1.725 nakes kita siapkan untuk divaksin,” kata Plt Dinas Kesehatan Pasaman, dr Rahardian Suryanta Lubis.

Terkait petunjuk untuk distribusi dan jadwal vaksin, pihak Dinas Kesehatan saat ini masih menunggu arahan dari Pemprov Sumbar. Nanti, pemberian vaksin perdana terhadap nakes itu ditujukan untuk memotivasi, ketenangan dan rasa aman kepada masyarakat. “Kini, sebanyak 1.725 nakes itu akan di skrinning terlebih dahulu sebelum divaksin,” tuturnya.

Katanya, tujuan skrining ini mana tau ada yang punya penyakit komorbid, hamil, menyusui, pernah terkonfirmasi Covid-19 dan lain-lainnya.

“Kami mengimbau kepada masyarakat setempat untuk tidak takut akan adanya kegiatan vaksin Covid-19 tersebut. Secara medis, vaksin sinovac sebagai antibiotik Covid-19 sudah melewati proses uji klinis yang panjang. Vaksin ini sudah dijamin keamanannya. Dan semua ini dilakukan pemerintah untuk menjaga daya tahan tubuh dari bahaya Covid-19 ini,” ajaknya. (l)