Pasaman Terakses, Soma Inginkan Jalan Mulus ke Air Terjun Lubuak Sundol

25
Wabup Pasaman Sabar AS saat Safari Jumat di Jorong Soma, menampung aspirasi anak nagari.

Tokoh masyarakat Nagari Persiapan Muara Tais Koto Gadang berharap infrastruktur jalan penghubung ke daerah tersebut bisa diperbaiki secepatnya. Selain menunjang ekonomi masyarakat juga mempermudah akses ke lokasi objek wisata Air Terjun Lubuak Sundol.

Wali Nagari Persiapan Muara Tais Koto Gadang Doni Saputra juga menyampaikan harapan  masyarakat tentang status nagari tersebut yang masih nagari persiapan sejak 2017 untuk menjadi nagari definitif tahun ini juga.

Aspirasi itu dikemukakan kepada Wakil Bupati Pasaman Sabar AS yang bertandang ke Jorong Soma Nagari Persiapan Muara Tais Koto Gadang, Kecamatan Mapat Tunggul, Jumat (11/2). Wabup menyatakan bahwa saat ini seluruh nagari persiapan yang ada di Kabupaten Pasaman secara administrasi sudah selesai, tinggal lagi menunggu nomor kode desa.

Terkait infrastruktur jalan, Wabup Sabar AS menyampaikan Pemkab Pasaman mempunyai visi dan misi salah satunya Pasaman Terakses. “Jangan khawatir bapak-bapak, kita melalui Program Pasaman Terakses akan terus membangun prasarana jalan dan jembatan, terutama yang belum bisa dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat. Harapannya tidak ada lagi daerah yang tidak bisa dilewati kendaraan,” tukuk Sabar.

Safari Jumat yang dilakukan Sabar AS juga menyampaikan informasi pembangunan yang telah, sedang dan akan dilaksanakan. Pembangunan itu tertuang dalam 10 visi dan misi yakni, Pasaman Berimtaq, di antaranya gerakan meramaikan masjid, peningkatan Tahfiz Quran atau hafal Alquran, dan peningkatan Pondok Alquran.

Baca Juga:  'Dotor' Hendra Gunawan Dilantik Jadi Wali Nagari Durian Tinggi

Program Pasaman sehat, dengan membangun Polindes di setiap jorong, juga ada pengobatan gratis yang biayai pemkab bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Lalu, Program Pasaman Cerdas, berupa bebas biaya sekolah negeri dan madrasah hingga jenjang SLTA mulai 2022 ini.

“tak lupa saya mengajak bapak-bapak semuanya untuk memanfaatkan lahan tidur/kosong dengan menanam tanaman yang berguna. Sebab, kemungkinannya di daerah kita ini Mapat Tunggul ini, berpotensi sebagai sentra tanaman jagung. Jadi manfaatkanlah lahan yang kita miliki,” ujarnya.

Sabar memerintahkan petugas lapangan seperti PPL dan kader-kader lainnya agar lebih giat mendampingi dan membina masyarakat dalam mengolah pertanian dan perkebunan. “Jangan hanya duduk di kantor,” tegasnya.

Usai berceramah, Sabar AS diajak ke lokasi objek wisata Air Terjun Lubuak Sundol bersama Kapolsek Mapat Tunggul Wirmasdi, Camat Mapat Tunggul Yuliater Ginting, Kasi Perencanaan  Dinas PUPR Yefri, Kabid Humas Dinas Kominfo Pasaman Yuli Adwar, Kasi PIP Yusuf Rioki, dan Wali Nagari Persiapan Muara Tais Koto Gadang Doni Saputra. (*)