Kabupaten Pasaman Bakal Punya Kampung Literasi Air Terbit Panti

12
ANTUSIAS: Sejumlah anak-anak di Pasaman antusias mengikuti program literasi. Direncanakan Agustus akan diresmikan Kampung Literasi Air Terbit Panti.(IST)

Kabupaten Pasaman dalam waktu dekat segera memiliki kampung literasi perdana. Namanya, Kampung Literasi Air Terbit Panti yang berlokasi di Kecamatan Panti. Program tersebut digagas oleh TBM Rumah Lentera Air Terbit, Nagari Panti, Kecamatan Panti.

Ketua panitia persiapan pencanangan, Kurnia Hadinata mengatakan, Kampung Literasi Air Terbit direncanakan akan diluncurkan awal Agustus 2021 mendatang. Peluncurannya akan dihadiri kepala daerah yakni bupati dan wakil bupati Pasaman.

“Pencanangannya Selasa (3/8), bertempat di Pasar lnpres Air Terbit, Panti. Acara ini akan dihadiri oleh gubernur Sumbar, bupati, wakil bupati dan tim dari Kemdikbud Jakarta,” ungkap Hadi.

Tujuan program Kampung Literasi ini untuk meningkatkan minat baca, sekaligus pemberdayaan masyarakat melalui berbagai kegiatan keaksaraan, seni dan budaya.


“Untuk kegiatannya akan dimulai bulan Juli dan berakhir Desember 2O21 nanti. Bentuk-bentuk kegiatan ada banyak. Sudah kita susun,” katanya.

Kegiatan tersebut meliputi, kegiatan mingguan berupa minggu pagi membaca bersama di taman baca, olahraga gembira, gotong royong, aneka permainan tradisional dan berdongeng.

Selanjutnya, kegiatan pelatihan seni tradisi yaitu pelatihan sanggar silat untuk remaja putra dan sanggar tari tradisi bagi remaja putri, pelatihan menulis, pelatihan pembuatan kerajinan tangan dari bahan limbah.

Sementara aneka perlombaan meliputi, lomba menulis, lomba membaca, gebyar didikan subuh, cepat tepat islami bagi remaja, lomba membuat poster, mewarnai, lomba membuat video pendek dan lomba foto.

Baca Juga:  Hari Anak Nasional, PLN Giatkan Literasi dan Kelurahan Layak Anak

Pada kesempatan itu, pihaknya juga melakukan peluncuran buku, pojok baca, majalah dinding kampung, motor pustaka, pameran kerajinan tangan, bazar buku, pemutaran film dan diskusi perbukuan.

“Seluruh kegiatan akan dilaksanakan mengacu kepada protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah,” katanya.

Sebelumnya, kata Hadi, TBM Rumah Lentera yang ia gagas telah mendapatkan kepercayaan untuk melaksanakan program peningkatan minat baca tahun 2021 dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud dan Ristek).

“Direktorat Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus, Koordinator Fungsi Keaksaraan dan Budaya Baca Kemendikbud dan Ristek, memberi amanah kepada TBM Rumah Lentera, Kampung Air Terbit, Nagari Panti, Kabupaten Pasaman, sebagai 1 dari 30 taman baca se-lndonesia untuk melaksanakan program peningkatan minat baca tahun 2027,” katanya.

Untuk menyukseskan program literasi itu TBM Rumah Lentera telah menerima bantuan dana sebesar Rp 50 juta dari pihak kementerian dan satu-satunya di Sumatera Barat. “Dengan begitu, TBM Rumah Lentera merupakan satu-satunya Taman Baca di Sumbar yang menerima dana bantuan tersebut,” ujarnya.

Penunjukan tersebut merupakan prestasi bagi TBM Rumah lentera yang tetap konsisten menggerakkan kegiatan literasi di Pasaman sejak berdiri pada 12 Desember 2012. (rel)