Ada Harimau Dahan Masuk Rumah Warga di Lubuk Sikaping!

19
BIKIN GEGER: Harimau dahan yang masuk ke dapur warga berhasil diamankan ke dalam kerangkeng.(IST)

Seekor harimau dahan yang diduga sedang sakit masuk ke rumah warga di Nagari Airmanggis, Kecamatan Lubuksikaping, Pasaman, Senin (13/6). Pemilik rumah diketahui bernama Afrizal. Kejadian itu sempat membuat heboh warga sekitar.

Menurut keterangan Afrizal, awalnya ia melihat harimau tersebut pada pukul 06.00 sedang tergopoh-gopoh di jalan kampung, dan langsung masuk selokan.

Kemudian harimau tersebut bersembunyi ke bagian belakang rumahnya. Kejadian itu langsung ia beritahukan ke tetangganya. Masyarakat pun melaporkan kejadian tersebut ke Babinkantibmas Airmanggis, Bripka Karmadi pada pukul 7.30.

Selanjutnya Bripka Kamardi langsung melaporkan penemuan warga tersebut ke KSDA Pasaman pukul 8.30. Guna mengantisipasi ancaman pada warga, dilakukan pembiusan terhadap harimau tersebut oleh KSDA dibantu oleh personel kepolisian, Babinsa dan masyarakat.

Upaya pembiusan yang dilakukan sebanyak 3 kali gagal. Dibantu warga, harimau dahan tersebut digiring ke dalam kerangkeng.

Pihak kemanan dari Polres Pasaman, Satpol PP dan Damkar bersiaga membantu mengamankan lokasi tempat ditemukannya harimau tersebut, guna mengantisipasi warga yang coba mendekati lokasi.

Baca Juga:  PKS Pasaman Borong Bendera Pedagang

Menurut keterangan Kepala Seksi Wilayah 1 Pasaman Khairi Ramdhan jenis harimau tersebut biasa disebut macan dahan, sementara habitatnya di hutan, dan saat ini sudah masuk ke rumah warga yang bukan habitatnya.

Harimau tersebut diamankan terlebih dahulu ke kantor KSDA Lubuksikaping. Selanjutnya dilakukan penelitian atau observasi penyebab harimau tersebut masuk ke area perkampungan.

Setelah kondisi harimau sehat, kemudian akan dibawa ke kawasan konservasi Sumatera Barat untuk dilepas kembali ke habitatnya.(wni)