Pengurus KT Pasaman Dilantik, Bupati: Bangkitkan Kejayaan Masa Lalu

4

Bupati Pasaman H Benny Utama lantik dan kukuhan Pengurus Karang Taruna Kabupaten Pasaman masa bakti 2022-2027, di hall Lt.III Kantor Bupati Pasaman, Selasa (15/2). Pelantikan pengurus Karang Taruna (KT) Selasa siang tadi sepertinya masuk kategori acara pelantikan terakbar di Kabupaten Pasaman.

Hadir anggota DPRD Sumbar, Forkopinda Pasaman, Kepala Dinas Sosial Sumbar, Ketua KT se-Sumbar, Kepala OPD Kabupaten Pasaman, Camat, Wali Nagari, serta pengurus KT tingkat Kabupaten, Kecamatan dan Nagari se-Kabupaten Pasaman, juga belasan wartawan media cetak, televisi, dan online yang turut meliput.

Benny Utama berharap, putra putri Pasaman yang tergabung dalam KT bisa memberikan pengabdian terbaik sebagai pelopor pembangunan di kecamatan dan nagari, termasuk urusan sosial kemasyarakatan dan penanganan bencana alam.

“Jika dimaksimalkan fungsinya, peran Karang Taruna amatlah kompleks. Tidak hanya soal peningkatan ekonomi, namun dapat berperan dalam mengantisipasi peredaran narkotika, menjaga kamtibmas serta terlibat aktif dalam upaya penanganan wabah Covid 19,” terang bupati.

Kepada Kepala OPD, bupati berpesan agar OPD melibatkan KT sebagai salah satu mitra, misal untuk program pemanfaatan lahan kosong di Dinas Pertanian, sampai program-progran yang ada di nagari.

Baca Juga:  TMMD Dimulai Serentak di Pasaman dan Dharmasraya

“Melalui wadah karang taruna Kita ciptakan Generasi Muda Pasaman yang Mandiri dan Bermartabat. Mari bangkitkan kejayaan karang taruna, sebagai ujung tombak pembangunan,” ajak Bupati Benny Utama.

Ketua KT Pasaman Abdi Yusran, usai pelantikan menyampaikan bahwa keorganisasian KT Pasaman sudah cukup lama vakum, tanpa aktifitas dan kepengurusan. “Kami mohon bimbingan semua pihak untuk menggerak aktifkan kembali KT Kabupaten Pasaman,” pinta Abdi Yusran.

Anggota DPRD Sumbar Khairuddin Simanjuntak melalui Bupati Pasaman dalam kesempatan itu menyatakan untuk memberikan pokir dewannya tahun 2023 sebesar Rp150 juta untuk kegiatan KT Pasaman.

Usai dilantik dan dijamu makan siang di kediaman bupati Pasaman, seluruh pengurus KT Pasaman langsung terjun memberikan bantuan ke daerah terdampak bencana banjir bandang, Jorong Lundar, Nagari Panti Timur, Kecamatan Panti. (*)