91 Kg Ganja Disita di Pasaman, Dua Pelaku Lain Kabur

Tersangka dan barang bukti saat berada di Mapolres Pasaman. Penyelundupan 91 kilogram ganja berhasil digagalkan Satres Narkoba Polres Pasaman.

Sumbar terus menjadi sasaran peredaran narkoba. Barang haram itu terus dipasok dari provinsi tetanga oleh para pengedar. Dalam sepekan terakhir, Polres Pasaman berhasil menggagalkan peredaran ganja dalam jumlah besar.

Rabu (13/5), penyelundupan 91 kilogram ganja kembali digagalkan oleh Satres Narkoba Polres Pasaman di jalan Lintas Sumatera Medan -Bukittinggi, Jorong VIII Muara Cubadak Nagari Padang Mentinggi Kecamatan Rao, Kabupaten Pasaman.

Satu pelaku berhasil diamankan, sementara dua lainnya berhasil kabur melarikan diri. Saat ini identitas pelaku yang kabur sudah dikantongi. “Pelaku diamankan itu berinisial N, 25, warga Batu Hampar Kecamatan Akabiluru Kabupaten Limapuluh Kota,” kata Kapolres Pasaman AKBP Hendri Yahya.

Ganja kering siap edar itu dibawa dari Sumatera Utara dengan mobil. Ada sebanyak 60 paket besar ganja yang  dibawa para pelaku masuk ke Sumbar. Awalnya dalam penangkapan, dari tangan N hanya disita sebanyak 9 paket ganja. Namun setelah dilakukan interogasi, N akhirnya menyebut ada 51 paket lainnya disimpan di dalam semak-semak di lokasi penangkapan.

“Setelah diinterogasi, akhirnya tersangka N, 25, menunjukkan ke anggota kami tempat penyimpanan sisa narkoba yang berada di dalam semak tepatnya di pinggir sungai yang tidak jauh dari lokasi penangkapan,” tutur kapolres.

Ia mengatakan, dua pelaku berhasil kabur berinisial, I, 25, dan M, 30. Saat penangkapan mereka berhasil lolos dan lari ke arah hutan. “Selain mengamankan tersangka 60 paket besar ganja, personel juga berhasil mengamankan satu unit mobil Kijang digunakan sebagai pengangkut narkoba,” ujarnya.

Kasatres Narkoba Polres Pasaman Iptu Syafri Munir menambahkan penangkapan itu bermula dari informasi masyarakat. “Berdasar informasi tersebut, anggota kita langsung bergerak ke lokasi. Dan di lokasi, anggota berhasil mengamankan tersangka dan barang bukti,” ujarnya.

Saat ini pihaknya sedang menghimpun keterangan dari N terkait sepek terjang mereka dalam memasok narkoba jenis ganja ke Sumbar.

Sebelumnya, Polres Pasaman juga berhasil menggagalkan peredaran 15 kilogram ganja yang akan dibawa ke Kota Padang pada Sabtu (9/5) lalu. Kemudian Senin (11/5), personel Satres Narkoba Polres Pasaman kembali membekuk dua pengedar ganja di Jalan Usaha Tani Jorong V Sumpadang Kenagarian Padang Mentinggi, Kecamatan Rao, Kabupaten Pasaman. (wni)