Sikencana, Layanan Publik Berbasis Digital

10
INOVASI: Bupati Pasaman Benny Utama menghadiri peluncuran inovasi Sikencana.(IST)

Pemerintah Kecamatan Lubuksikaping, Pasaman bersama 13 nagari di Pasaman meluncurkan inovasi baru sistem baru Informasi Kecamatan dan Nagari (Sikencana) untuk menghadirkan keterbukaan informasi publik. Peluncuran inovasi Sikencana tersebut dihadiri oleh Bupati Pasaman Benny Utama di Kantor Camat Lubuksikaping.

“Tujuan dibuatnya Sikencana ialah untuk membuat tata kelola pemerintahan yang lebih baik sesuai dengan visi dari Bupati dan Wakil Bupati Pasaman,” kata Camat Lubuksikaping, Nina Darmayanti.

Pembuatan progam Sikencana tersebut merupakan gagasan dan insiatif dari Nina Darmayanti. Kecamatan Lubuksikaping merupakan pusat pemerintahan Pasaman, tentunya dengan melihat sarana dan prasarana pendukung yang ada, seperti jaringan internet, masyarakat sudah bisa mengakses internet dengan mudah.

Ia menjelaskan, dengan kemajuan teknologi digital saat ini, pelayanan publik tidak hanya harus lewat tatap muka akan tetapi bisa secara online. Selain itu kemudahan yang didapatkan keterbukaan informasi publik, kemudahan administrasi di kantor camat hingga kantor nagari.


Masyarakat bisa mengakses informasi terkait kecamatan dan nagari melalui website secara online, bahkan ke depannya untuk pengembangan nagari sudah bisa menyediakan fasilitas layanan mandiri kepada masyarakat.

Salah satu alamat website Kecamatan Lubuksikaping dan nagari yaitu https://lubuksikaping.pasamankab.go.id/ dan https://sundata.opendesa.id/ dan lainnya.

Ia berharap semoga Sikencana benar- benar bisa dimanfaatkan dan dikembangkan secara optimal oleh kecamatan serta nagari. Tentunya hal tersebut butuh dukungan dari bimbingan SKPD terkait Pemerintahan Kabupaten Pasaman. (rel)