Bawa Ganja 10 Kg, Dua Warga Sumsel Diciduk

Dua warga Sumsel yang kedapatan membawa ganja diamankan di Mapolres Pasaman. (IST)

Personel Satnarkoba Polres Pasaman meringkus dua pemuda penumpang bus sekitar pukul 13.30 di sebuah rumah makan di Jorong VII Nagari Tanjung Beringin Kecamatan Lubuksikaping, Minggu (26/4).

Dua pemuda itu masing-masing berinisial R, 22, warga Batu Raja Timur dan M, 21, warga Kedatun, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan. Dari tangan keduanya disita barang bukti 10 paket ganja seberat 10 kilogram yang disimpan dalam tas ransel.

“Kedua pelaku merupakan warga Sumatera Selatan mereka sengaja menjemput ganja itu ke Madina Sumatera Utara dengan menaiki bus ALS,” kata Kapolres Pasaman AKBP Hendri Yahya didampingi Kasat Narkoba Iptu Syafri Munir.

Diceritakan Kasat Narkoba Iptu Syafri Munir, penangkapan tersebut berawal ketika pihaknya informasi bahwa ada dua penumpang bus ALS dengan gerak gerik yang mencurigakan di sebuah rumah makan di daerah tersebut.

Mendapat informasi, petugas bergerak cepat menuju lokasi dan mengamankan kedua pelaku bersama dua tas ransel yang dibawanya. “Dari dalam ransel ditemukan barang bukti 10 paket ganja kering diperkirakan berat sekitar 10 kilogram,” ujar Syafri.

Dari pengakuan keduanya, barang haram itu dibawa dari Kabupaten Madina, Sumatera Utara dengan tujuan Ogan Komering Ulu Sumatera Selatan. “Kini keduanya sedang diproses lebih lanjut,” pungkasnya. (*)