Wagub Sumbar Lantik IKP-PBR, Bupati minta Perantau Pasaman-Pasbar Kompak

18

Halalbihalal, Mubes, sekaligus pelantikan Ikatan Keluarga Pasaman dan Pasaman Barat Provinsi Riau (IKP-PBR) periode 2022 – 2027 berlangsung meriah di Hotel Grand Suka Kota Pekanbaru, Minggu (29/5).

Hadir Wagub Sumbar Audy Joinaldy, Asisten Setdaprov Riau, Bupati Pasaman Benny Utama, Bupati Pasbar Hamsuardi dan Wali Kota Pekanbaru, berbaur bersama masyarakat Perantau Pasaman Riau, di lokasi acara Jalan Arengka Pekanbaru.

“Saya bangga, keluarga Pasaman dan Pasaman Barat di Riau tetap satu, sesuai dengan esensi pemekaran Kabupaten Pasaman dan Pasaman Barat,” ujar Bupati Pasaman Benny Utama, mengawali sambutan.

Haji Benny menceritakan, pemekaran Kabupaten Pasaman dan Pasaman Barat terjadi di masa jabatanya sebagai wakil Bupati Pasaman 2000 – 2005, dan pemekaran itu resmi terjadi tahun 2004.

“Sesuai konsep awalnya, yang mekar hanyalah administrasi pemerintahan saja, sedangkan kekerabatan masyarakatnya tetap satu. Jadi tepat sekali jika pengurus ikatan keluarga Pasaman – Pasaman Barat tetap satu dalam wadah Organisasi Ikatan Keluarga Pasaman – Pasaman Barat di Riau,” ujarnya.

Kepada Gubernur Riau dan Wali Kota Pekanbaru, Bupati Pasaman titip warga Pasaman dan Pasaman Barat. “Orang Pasaman dan Pasaman Barat itu baik-baik dan pekerja keras,” kata Bupati Benny Utama.

Sempat disosialisasikan program prioritas pembangunan Pasaman 2021 – 2025. Di antaranya pembukaan akses jalan Bonjol – Suliki, jalan Rao – Rokan Hulu Riau, dan pembangunan jalan tembus ke daerah-daerah tetangga

“Dari Rao ke Pekan Baru yang selama ini berjarak tempuh 8 jam melalui Bukit Tinggi dan Payakumbuh, namun sekarang lebih pendek terpotong hingga 4 jam perjalanan, melewati Kecamatan Mapattunggul terus ke Rokan Hulu Riau,” jelasnya.

“Saya mohon kepada Pak Gubernur Riau melalui Asisten III Pak Ismet, untuk mendorong percepatan pembangunan jalan tembus Rokan Hulu batas Pasaman,” harap Haji Benny.

Baca Juga:  PKS Pasaman Borong Bendera Pedagang

Usai melantik pengurus IKP-PBR 2022-2027, Wagub Sumbar Audy Joinaldy dalam pidatonya menjelaskan tentang upaya penanganan dampak bencana gempa bumi Pasaman – Pasaman Barat,

“Baru-baru ini Saya bertemu deputi BNPB dan mengkoordinasikan masalah pembangunan dan rehabilitasi rumah yang rusak terdampak gempa bumi Pasaman – Pasaman Barat. Dikatakan bahwa pembangunan rumah yang rusak berat akan segera dilakukan pihak BNPB,” ungkap Audy.

Dalam kapasitas sebagai Ketua Tim pembangunan jalan Tol Sumatera Barat, Wagub Audy sempat mengungkap tentang progres proyek nasional itu, yang kini telah banyak mengalami kemajuan, terutama masalah pembebasan lahan.

“Banyak pihak yang Ikut ‘bermain’ di kasus pembebasan lahan jalan tol Sumbar ini, sehingga penyelesaiannya memakan waktu cukup lama. Dan kita berharap, dengan selesainya masalah lahan, pihak kontrakror PT Waskita Karya sudah bisa melanjutkan pekerjaannya,” harap Audy.

Ikut memberikan sambutan Gubernur Riau diwakili Asisten Administrasi Umum yang mengungkap bahwa pejabat Pemprov Riau cukup banyak berasal dari Pasaman maupun Sumando Rang Pasaman.

Sedangkan Bupati Pasbar H. Hamsuardi turut mensosialisasikan program pembangunan strategis yang tengah digeber Pemkab Pasaman Barat tahun ini, meliputi Bidang Pendidikan dan akses transportasi.

Dari pihak penyelenggara, Darmansyah yang juga mantan Ketua IKP-PBR, menyebut bahwa warga Pasaman – Pasbar di Riau saat ini berjumlah 300 ribu. Kebanyakan bekerja sebagai pedagang, namun tak sedikit pula PNS, Polisi, Tentara, Sopir dan usaha jasa lainnya.

Sementara di beberapa meja tamu yang disediakan, tampak sejumlah kepala OPD Pemkab Pasaman yang Ikut rombongan bupati, asik bercengkerama dengan sanak saudara mereka yang berdomisili di Riau.

Acara dari pagi hingga masuk waktu zuhur itu, ditutup manis dengan atraksi kesenian daerah yang dibawakan mahasiswa Pasaman yang kuliah di Pekanbaru. (*)