BLT tak Kunjung Cair, ASN Pemko Payakumbuh Bagikan 600 Paket Sembako

Wali Kota Riza Falepi menyalurkan bantuan paket sembako hasil badoncek ASN Payakumbuh.

Bantuan Langsung Tunai (BLT) untuk masyarakat Payakumbuh yang terdampak virus korona (Covid-19) masih belum cair. Untuk membantu mengurangi dampak sosial ekonomi masyarakat akibat wabah virus korona (Covid-19), Aparatur Sipil Negara (ASN) di jajaran Pemerintah Kota Payakumbuh telah menggalang sumbangan secara swadaya.

Pada Kamis (30/4) dan Jumat (1/5), bantuan dari ASN itu disalurkan Wali Kota, Riza Falepi bersama Kapolres AKBP Dony Setiawan dan Dandim 0306/50 Kota Letkol Kav Ferry Lahe. Bantuan disalurkan  secara simbolis di tiga kecamatan, yakni Payakumbuh Utara, Payakumbuh Barat, dan Payakumbuh Timur.

Adapun bantuan hasil badoncek pegawai pemerintahan itu sebanyak 600 paket sembako berisi beras 5 kg, minyak goreng 1 liter, dan ikan sarden 1 kaleng. Dengan sasarannya warga per kecamatan.

Payakumbuh Barat dan Payakumbuh Utara masing-masing 130 paket, Payakumbuh Timur 120 paket, Payakumbuh Selatan dan Latina masing masing 110 paket. Data sudah ada di masing-masing kecamatan dan kelurahan.

“Ini adalah partisipasi ASN Pemko Payakumbuh untuk Gugus Tugas Covid-19, dan saat ini donasi terus dikumpulkan dari setiap ASN di dinas-dinas, ini adalah swadaya dan bentuk kepedulian ASN terhadap masyarakat,” kata Sekretaris Kota Payakumbuh, Rida Ananda.

Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi mengaku mengapresiasi aksi yang dilaksanakan oleh jajarannya. Sumbangan secara swadaya di luar anggaran pemerintah daerah ini diharapkan untuk sementara mampu menjadi pelipur hati masyarakat yang menunggu bantuan pemerintah akibat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

“Semoga bantuan ini bisa dimanfaatkan warga kami sembari menunggu bantuan dari pemerintah, kita berharap masyarakat dapat bersabar. Karena saat ini kita sudah menyelesaikan datanya, tinggal eksekusi saja lagi, semoga wabah ini cepat berlalu dan kita tabah menghadapinya,” kata Riza Falepi.

Kapolres dan Dandim bahkan mendukung langkah jajaran ASN Pemko ini, bahkan kedua unsur Forkopimda ini mau membantu proses distribusinya bila dibutuhkan. “Nanti untuk proses distribusinya, kita akan dampingi, dan kami siap untuk membantu,” ujar Kapolres AKBP Dony dan Dandim Letkol Ferry. (frv)