OTG di Payakumbuh Diduga makin Banyak

Ilustrasi. (sumber: IST)

Tujuh kasus positif Covid-19 di Kota Payakumbuh, harus diwaspadai serius oleh seluruh elemen masyarakat. Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi dan Kepala Dinas Kesehatan dr. Bakhrizal menduga, kemungkinan banyak Orang Tanpa Gejala (OTG) yang berkeliaran. Sementara yang bersangkutan tidak mengetahui, kalau dirinya bagian dari OTG.

“Saya merasa risau dengan kondisi ini. Jika OTG banyak yang berjalan ke sana ke sini, tidak tertutup kemungkinan, jumlah kasus positif Covid-19 bakal bertambah tajam di Payakumbuh,” sebut Wali Kota Riza Falepi di Balai Kota Payakumbuh, Sabtu (2/5).

Sementar menurut Kadiskes Bakhrizal, OTG itu, adalah mereka yang pernah kontak dengan pasien positif. Ia mencontohkan, orang-orang yang pernah kontak dengan kelima orang positif Covid-19, seperti H. EM, Al, Eld, A dan J, dinamakan OTG. Namun, karena imun tubuhnya kuat, yang bersangkutan masih tampak sehat.

Harapan wali kota, agar OTG dimaksud, dengan kesadarannya yang tinggi bersedia melapor ke Puskesmas atau melalui call center 0821 7125 8700. Sehingga bisa dilakukan protokol kesehatan terhadap dirinya.

Petugas kesehatan, sebut Wali Kota, akan melakukan tracking kembali OTG untuk selanjutnya menjalani SWAB. “Jika hasil labornya negatif, ya Alhamdulillah, tapi jika positif, ini tentu akan menimbulkan masalah baru lagi. Bakal panjang mata rantainya untuk dilakukan tracking,” kata Riza.

Karena itu, Riza mengimbau OTG tersebut segera melaporkan diri. “Gak perlu malu menyatakan diri OTG, karena kejujuran akan membantu percepatan pencegahan Covid-19 di Payakumbuh. Dan akan mengurangi penyebaran virus korona di kota ini. Peran serta seluruh lapisan masyarakat juga sangat dibutuhkan,” ujar Riza. (frv)