Ade Rezki Bantu APD Tenaga Medis dan Sembako Panti Asuhan

Anggota DPR RI Ade Rezki Pratama menyerahkan bantuan APD kepada Wako Payakumbuh Riza Falepi, kemarin. (foto: ist)

Untuk mengurangi dampak ekonomi terhadap masyarakat dan antisipasi penyebaran virus korona (Covid-19), anggota Fraksi Gerindra DPR RI Ade Rezki Pratama memberikan bantuan alat pelindung diri (APD) bagi tenaga medis, wastafel dan paket sembako di sejumlah wilayah di Sumbar.

“Kami merasa terpanggil ikut berkontribusi membantu masyarakat dan pemerintah mengurangi penyebaran wabah virus korona. Kami berharap bantuan ini bisa membantu petugas medis agar nyaman bekerja di tengah keterbatasan alat pelindung diri,” ujar Anggota Komisi V DPR RI Ade Rezki Pratama saat berkunjung ke RS Adnan WD Payakumbuh dan beberapa wilayah lainnya di Luhak nan Bungsu.

Menurut Ade, alat pelindung diri merupakan kebutuhan vital bagi para medis yang berada di garis terdepan dalam menyelamatkan pasien Covid-19.

Apalagi, data dan fakta menunjukkan sudah cukup banyak tenaga medis yang menjadi korban akibat virus Covid-19. Semua itu terjadi akibat kurang tersedianya alat pelindung diri yang terstandarisasi.

Selain bantuan APD, Ade juga memberikan bantuan lainnya kepada petugas Pos Gugus Tugas dan panti asuhan, seperti vitamin, wastafel, tank air, alat penyemprot disinfektan dan paket sembako.

Bantuan berupa alat pelindung diri diserahkan ke sejumlah rumah sakit seperti RS Adnan WD Payakumbuh, RS Ahmad Darwis Suliki, Posko Panggulangan Covid-19 di perbatasan Sumbar-Riau, Posko Penanggulangan Covid-19 Kota Payakumbuh.

Sedangkan wastafel dan tank air diserahkan di sejumlah fasilitas umum dan pasar di Luhak Nan Bungsu, seperti Pasar Sarilamak, Pasar Danguang-Danguang dan Pasar Halaban. Sementara sembako diserahkan ke sejumlah panti asuhan seperi Panti Asuhan Muhammadiyah.

Wali Kota Payakumbuh Riza Falevi mengapresiasi dan berterima kasih atas kepedulian dan bantuan yang diberikan Ade Rezki Pratama sebagai anggota DPR RI dari Sumbar.

“Alat pelindung Diri ini sangat dibutuhkan petugas medis terutama di sejumlah rumah sakit dan puskesmas di Kota Payakumbuh. Jujur kami akui pasokan alat pelindung Diri ini sangat terbatas, sementara kebutuhan di rumah sakit dan puskesmas terbilang tinggi. Sekali lagi atas nama Pemerintahan Kota Payakumbuh kami ucapkan banyak terima kasih,” ujar Riza.

Hal senada disampaikan Kabid Logistik di Posko Penanggulangan Covid-19 di Pangkalan Rahmadinal.

“Kami betul-betul berterima kasih kepada bapak Ade Rezki Pratama yang telah memberikan bantuan. Walau tidak seperti tenaga medis, kami para petugas di Posko Gugus Tugas ini juga butuh alat pelindung diri serta vitamin. Sebab, kami bertugas melakukan deteksi awal orang keluar-masuk Sumbar apakah mereka terpapar atau tidak,” katanya.

Sementara itu, Djayoesman, pimpinan Panti Asuhan Muhammadiyah juga berterima kasih kepada Ade Rezki Pratama yang telah datang dan memberikan bantuan sembako kepada anak-anak panti. “Bantuan ini sangat membantu anak-anak di tengah keterbatasan pasokan bahan makanan sebagai dampak virus korona,” ujar Djayoesman.

Sementara Desputra pimpinan RS Ahmad Darwis di Suliki mengatakan, alat pelindung diri sangat dibutuhkan timnya dalam menjalankan tugas.

“Terus terang tanpa alat pelindung diri terstandarisasi, kami para petugas medis merasa kurang nyaman dalam memberikan pelayanan medis kepada pasien,” kata .

Dalam kunjungan dan penyerahan bantuan kali ini Ade Rezki Pratama didampingi sejumlah kader Gerindra Sumbar serta beberapa anggota Fraksi Gerindra DPRD Sumbar, Fraksi Gerindra DPRD Limapuluh Kota.

Selain itu juga terlihat beberapa tokoh masyarakat ikut mendampingi kunjungan lapangan Ade Rezki Pratama ke Luhak Nan Bungsu.(rel/esg)