Varian Delta Masuk ke Payakumbuh

55
Riza Falepi, Wali Kota Payakumbuh.(NET)

Virus korona varian delta yang berasal dari India sudah masuk ke Payakumbuh. Ini diakui oleh Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi, kemarin (6/7).

”Sebagai wali kota, saya mengimbau warga agar lebih hati-hati mengingat virus korona varian delta yang berasal dari India sudah masuk ke Payakumbuh. Virus ini lebih cepat penyebarannya, lebih ganas, lebih mematikan, dan sebagian besar tidak terdeteksi oleh PCR test, tahu-tahu yang terpapar sudah meninggal saja,” ungkap Riza.

Meski cukup khawatir, Riza dengan sangat meminta kepada warga Payakumbuh agar dapat memperhatikan hal penting. Seperti pertama disiplin dalam protokol kesehatan, kedua menghindari kerumunan-kerumunan seperti pesta pernikahan, kafe yang membludak, serta keramaian pasar ketika hari pekan. Ketiga bersegeralah vaksinasi, karena itu satu-satunya cara yang direkomendasikan medis.

”Varian baru ini, kalau kita positif setelah divaksin biasanya tidak menimbulkan dampak parah. Vaksinasi adalah hak rakyat, bukan kewajiban. Ini disediakan oleh pemerintah, bila tak diambil haknya sekarang, suatu saat vaksinasi berbayar, maka jangan pula menagih nantinya. Mumpung gratis, bersegeralah,” kata Riza.


Baca Juga:  Direksi Diminta Atasi Kecilnya Debit Air

Riza menyebut vaksinasi tidak merusak pada tubuh, hingga kini buktinya, sebagai orang pertama yang divaksin di Payakumbuh, Riza tak merasakan apa-apa, malahan menurutnya yang merusak tubuh itu justru Covid-19.

”Terakhir, saya tidak ingin menakuti, tapi dengan varian delta ini bersiap-siagalah dengan kemungkinan badai pandemi yang lebih besar. Tapi kalau kita berusaha menjalankan prokes ketat sambil berikhtiar kepada Allah, semoga badai itu bisa kita hindari. Sebagai wali kota saya menyayangi rakyat saya, tidak ada tindakan saya yang niatnya mencelakai masyarakat, mohon dipahami dan hindari hoax yang tidak bertanggung jawab,” pungkasnya. (frv)