Hingga Akhir Desember, Payakumbuh Targetkan 80 Persen Vaksinasi

11
Ilustrasi vaksinasi.(NET)

Capaian Vaksinasi di Kota Payakumbuh pada 4 Desember 2021 telah mencapai 73,32 persen dosis 1 dan 47,84 persen dosis 2. Meski begitu, Pemerintah Kota Payakumbuh terus menggenjot angka target menuju 80 persen hingga akhir Desember.

“Ini untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 karena dikhawatirkan adanya aktifitas mobilitas orang-orang pada saat liburan natal dan tahun baru. Ditambah, adanya varian Covid-19 delta plus maupun omicron yang dikhawatirkan sudah masuk ke Indonesia,” kata Kabid Kesmas dan P3 Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Fatma Nelly, Senin (6/12).

Fatma Nelly menyampaikan, pemerintah Kota Payakumbuh akan menindaklanjuti pekerjaan dengan mengejar target capaian 80 persen. Artinya tidak hanya diam saja dengan telah mencapai 70 persen ini.

“Strategi bersama dengan Polri-TNI, Pemko akan menggelar Sumbar Sadar Vaksin setiap hari Sabtu hingga akhir Desember. Ditambah kita juga melaksanakan vaksinasi stasioner di puskesmas dan berapa tempat publik lainnya, serta secara door to door ke rumah warga yang belum divaksin,” akunya.

Dia juga menyebut, kebijakan dari Pemerintah Kota untuk tetap menjaga protokol kesehatan tetap dilaksanakan, termasuk aturan yang mengatur kegiatan kerumunan. Ditambah, aktivitas masyarakat yang diprediksi meningkat dalam menyambut natal dan tahun baru berpotensi kepada peningkatan kasus.

“Mari kita sukseskan vaksinasi ini, dosis kedua sama pentingnya dengan dosis pertama, beriringan menjadi tujuan utama kita dalam membentengi diri dari bahaya paparan Covid-19,” ajaknya.

Vaksinator Dapat Penghargaan

Masih terkait dengan penanganan pandemi Covid-19, puluhan tim vaksinator yang merupakan ujung tombak pelaksanaan vaksinasi di Puskesmas Lampasi, menerima penghargaan dan ucapan terima kasih yang diserahkan Asisten I Dafrul Pasi mewakilai Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi.

Kegiatan yang dihadiri Camat Lamposi Tigo Nagari Diki Engla, Kabid Kesmas dan P3 Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Fatmanelly serta jajaran Puskesmas Lampasi itu, berlangsung di halaman Puskesmas Lampasi saat pelaksanaan apel pagi, Senin (6/12).

Asisten I Dafrul Pasi mengatakan, ini merupakan inisiasi dari Kepala Puskesmas Lampasi untuk memberikan apresiasi kepada ujung tompak pelaksanaan vaksinasi yang telah berjuang siang malam untuk melindungi masyarakat dari Covid-19 ini. Dikatakan capaian vaksin sudah di atas 73 persen. (frv)