Damkar Basmi Sarang Tawon di Depan SPBU Ngalau

14
ilustrasi sarang tawon. (net)

Keberadaan sarang tawon di pohon pelindung tepatnya di depan SPBU Ngalau, Jalan Soekarno-Hatta sangat meresahkan warga. Hal itu diketahui berawal dari postingan di grup Facebook Informasi Payakumbuh dan Limapuluh Kota, ada warga yang mengingatkan pengendara untuk hati-hati dengan adanya keberadaan sarang tawon tersebut, Sabtu (10/4) sore.

Petugas Pemadam Kebakaran Kota Payakumbuh langsung bergerak cepat, pada Minggu (11/4) siang, dengan melakukan survei ketinggian terlebih dahulu. Menurut Kasatpol PP dan Damkar Devitra melalui Kabid Damkar Kota Payakumbuh Budy Kurniawan kepada media, Selasa (13/4), setelah dilakukan survei, ternyata ada dua sarang tawon, yang satu posisinya agak tinggi.

“Demi keselamatan pengguna jalan dan warga sekitar, maka pembasmian sarang tawon kami lakukan malam hari Senin, 12 April 2021,” ujarnya didampingi Kasi Sapras Doni Bahtiar dan Plt. Kasi Ops dan Danru 1 Indra Jaya.

Budy menjelaskan petugas dibekali dengan alat kayu panjang untuk membakar sarang tersebut dan petugas juga memakai baju anti tawon. “Khusus untuk lokasi ini, sarang tawonnya kita bakar. Karena posisi di pohon tinggi dan risiko lainnya, makanya sebelum pembasmian dilakukan survei untuk memutuskan cara dan peralatan apa yang akan dipakai untuk pembasmian sarang tawonnya,” kata Budy.

Budi juga menyampaikan informasi, untuk tertib administrasi, kalau bisa Damkar mendapat surat permohonan bantuan dari pihak kelurahan setempat bila ada penanganan serupa.
“Kalau kejadian darurat bisa langsung hubungi posko Damkar Kota Payakumbuh di nomor telepon 0752-92913,” tambahnya. (frv)

Previous articleSosialisasi Empat Pilar, Nevi: Milenial Harus Miliki Rasa Cinta NKRI
Next articleCome Back Marquez, Optimistis bakal Langsung Maksimal