Empat Sapi di Payakumbuh Positif PMK, Ternak Berasal dari Sijunjung

19

Sekdako Payakumbuh Rida Ananda dan Asisten ll Pemko Payakumbuh Elzadaswarman melakukan pengecekan ke peternak sapi di Payakumbuh, Selasa, (17/5).

Satu kasus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) ditemukan di Kota Payakumbuh. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Pertanian Kota Payakumbuh Depi Sastra saat melakukan pengecekan dan pengawasan di sejumlah peternak sapi di Payakumbuh, Selasa, (17/5) pagi.

“Satu kasus positif kita temukan di Kota Payakumbuh, tepatnya di Kelurahan Balai Jariang, Kecamatan Payakumbuh Timur, Kota Payakumbuh,” sebut Depi Sastra.

Ia menjelaskan satu kasus tersebut di satu lokasi di Balai Jariang dengan empat ekor satu sapi positif. “Kasus positif ini terungkap setelah keluar hasil dari Balai Veteriner Bukittinggi tadi pagi,” ungkapnya.

Kemudian ia mengungkapkan dari hasil penyelusuran pihaknya, terungkap bahwa dua sapi tersebut berasal dari Pasar Ternak Palangki, Kabupaten Sijunjung. “Dua ekor sapi ia beli di sana dan mengakibatkan empat ekor sapi imbasnya,” ungkapnya.

Ia mengungkapkan pascaditemukan PMK, Pemko Payakumbuh melalui Dinas Pertanian akan melakukan antisipasi melakukan pencegahan.

Baca Juga:  Bahaya!! 1.765 Kecamatan Masuk Zona Merah, Pergerakan Ternak Diperketat!

“Salah satu pencegahan adalah hari ini kita melakukan memberikan obat-obatan, vitamin dan kebersihan kandang dengan penyemprotan disinvektan,” ujarnya.

Pada saat pengawasan dan pengecekan kandang sapi, hadir juga Sekdako Payakumbuh Rida Ananda, Asisten ll Pemko Payakumbuh Elzadaswarman. (rid)