Dua Warga Dimakamkan Sesuai Protap Covid-19, Riza: Tunggu Hasil Labor

Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi. (Foto: Dok.RPG)

Dalam tempo dua hari, Sabtu (18/4) dan Minggu (19/4), dua warga Luak Limopuluah (Kabupaten Limapuluh Kota dan Kota Payakumbuh), dikebumikan sesuai prosedur tetap (protap) pemakaman pasien terjangkit virus korona (Covid-19).

Meski begitu, masyarakat di kedua daerah serumpun budaya ini diminta tetap tenang dan tidak berspekulasi, apalagi di sosial media.

Pasalnya, swab warga yang meninggal itu masih menunggu hasil pemeriksaan Laboratorium Biomedik Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (Unand) Padang sehingga belum bisa dipastikan hasilnya positif atau negatif.

Dua warga Luak Limopuluah yang dikebumikan sesuai SOP pasien korona itu berdomisili di Jorong Balaimalintang, Nagari Sitanang, Kecamatan Lareh Sago Halaban, Kabupaten Limapuluh Kota, dan di Nankodok, Tigo Koto Dibaruah, Kota Payakumbuh.

Di Balaimalintang, pemakaman pasien berlangsung pada Sabtu (18/4), dengan pengawalan TNI dan Polri. Sementara di Nankodok, pemakaman berlangsung Minggu (18/4).

“Tunggu hasil laboratorium. Mudah-mudah hasil laboratorium jenazah ini negatif. Saya meminta seluruh warga, khususnya masyarakat Nankodok lebih meningkatkan kewaspadaan,” kata Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi.

Di Nankodok pemakaman warganya dengan protap pemakaman pasien korona bukan kali pertama terjadi. Pada Sabtu lalu (4/4), seorang warga Nankodok berinisial E juga dimakamkan sesuai protap Covid-19. Namun, berdasarkan hasil pemeriksaan swab yang diumumkan pemko pada Senin (6/4), negatif. E tidak terinfeksi Covid-19.

Riza mengimbau masyarakat Payakumbuh jangan menganggap enteng dengan ancaman wabah pendemik virus korona baru ini. Apalagi, jumlah masyarakat Sumbar positif Covid-19 terus bertambah.

“Untuk itu, marilah kita patuhi seluruh imbauan pemerintah terkait Covid-19. Dengan mematuhi sosial dan physical distancing, selalu memakai masker, sering cuci tangan dengan sabun, serta hindari kerumunan. Banyak tinggal atau beraktivitas dalam rumah saja,” kata Riza.

Ketua Pusdaslops Satgas Covid-19 Limapuluh Kota Joni Amir juga mengimbau masyarakat tidak berspekulasi terkait warga Sitanang yang dikebumikan sesuai protap Covid-19.

“Kami imbau masyarakat tidak berspekulasi. Kita tunggu hasil pemeriksaan swab di Fakultas Kedokteran Unand. Hasil pemeriksaan akan diumumkan secara terbuka,” kata Joni Amir.(frv)