Kejari Payakumbuh Peringati Hari Bhakti Adhyaksa ke-61

6
Kejari Payakumbuh, Suwarsono.(NET)

Kejaksaan Negeri Payakumbuh punya cara unik dalam memperingati Hari Bhakti Adhyaksa ke-61 yang jatuh pada Kamis ini (22/7). Selain membagikan paket sembako untuk membantu masyarakat tak mampu di masa pandemi, korps berseragam cokelat itu juga mengunjungi panti asuhan dan berziarah ke Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa Payakumbuh

Prosesi ziarah ke makam pahlawan tersebut, dilgelar Kejaksaan Negeri Payakumbuh pada Rabu siang (21/7). Selain berziarah, para jaksa dan pegawai kejaksaan yang dipimpin langsung oleh Kejari Payakumbuh, Suwarsono, juga menggelar upacara di taman makam pahlawan.

Menurut Suwarsono, upacara dan ziarah ke makam pahlawan ini, merupakan wujud nyata Kejaksaan Negeri Payakumbuh, dalam  menghargai jasa-jasa para pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan bangsa.

“Melalui ziarah ini, seluruh jajaran Kejaksaan Negeri Payakumbuh berkomitmen untuk meningkatkan etos kerja yang siap melayani dan tanpa pamrih,” kata Suwarsono.


Dia menyebut, banyak hikmah dan pelajaran yang dapat dipetik dari kehidupan para pahlawan di masa lalu.

“Bahwa para pahlawan telah menumpahkan darah mereka untuk kemerdekaan negara kita. Maka untuk itu, jajaran Kejari Payakumbuh, harus meneladani para Pahlawan untuk bekerja dengan ikhlas dan mempersembahkan yang terbaik untuk bangsa dan Negara Indonesia,” aku Suwarsono.

Sesuai tema yang diusung dalam peringatan Hari Bhakti Adhyaksa ke-61 yaitu “Terus Berkarya untuk Bangsa”, Suwarsono menegaskan kepada seluruh jajaran dan staf di Kejari Payakumbuh, agar dapat memberikan kinerja terbaik dalam melayani masyarakat.

Baca Juga:  Payakumbuh Tambah 15 Kasus Positif Covid-19

“Para pahlawan sudah mengorbankan jiwa, raga dan apapun yang dimilikinya. Kita tinggal melanjutkan cita-cita perjuangan mereka, mengisi kemerdekaan ini dengan melakukan tugas pengabdian masing-masing. Tentu saja dengan penuh integritas, penuh pengabdian dan sepenuh hati ya,” ujar Suwarsono.

Dia menyebut, sebelum menggelar upacara dan tabur bunga, Kejari Payakumbuh pada 7 Juli dan 13 Juli lalu, juga sudah menggelar bakti sosial dan donor darah untuk menyambut peringatan Hari Bhakti Adyaksa.

“Selain itu, kami juga menyalurkan bantuan pendidikan kepada anak-anak di Panti Asuhan Bustanul Ulum di Situjuah Banda Dalam,” kata Suwarsono.

Selepas ziarah ke taman makam pahlawan Payakumbuh, Suwarsono bersama jajaranya juga menggelar anjangsana ke kediaman purnawirawan yang pernah mengabdi di Kejari Payakumbuh. Di mana ada 14 orang purnawirawan yang dikunjungi oleh rombongan yang dipimpin oleh Widyawati Suwarsono.

“Kami bersama rombongan setiap tahunnya mengadakan anjangsana sebagai bentuk terima kasih kepada purnawirawan yang telah mengabdi. Selain itu kami juga memberikan paket sembako untuk membantu di masa pandemi. Semoga apa yang kita lakukan ini mendapat keberkahan dari Allah,” pinta Widyawati. (***)