Pj Wako Payakumbuh Bakal Dilantik Jumat, Nama Rida Ananda Digadang-Gadang

231
Sekko Payakumbuh Rida Ananda.(NET)

Meski namanya digadang-gadang sebagai kandidat kuat Penjabat (Pj) Wali Kota (Wako) Payakumbuh yang sudah diputuskan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), mamun Sekko Payakumbuh Rida Ananda, belum mau berkomentar.

“Saya belum bisa berkomentar. Karena saya belum tahu soal siapa yang akan jadi Pj Wako. Sebaiknya kita menunggu saja SK Kemendagri melalui Pemprov Sumbar,” kata Rida Ananda kepada Padang Ekspres, usai memimpin rapat persiapan pesta rakyat dalam rangka melepas pasangan Riza Falepi-Erwin Yunaz di Balai Kota Payakumbuh, Selasa sore (20/9).

Meski belum berkomentar, namun Rida mengaku, sudah dapat informasi, jika dirinya termasuk satu dari tiga calon Pj Wako yang diusulkan DPRD Payakumbuh dan satu dari tiga calon Pj Wako yang diusulkan Gubernur Sumbar. “Siapa yang akan ditetapkan Kemendagri, saya belum tahu,” kata Rida singkat.

Mantan Kepala Bappeda, Kepala Disparpora, Kepala Kantor Pasar, dan Kabag Humas Setdako Payakumbuh ini mengajak awak media untuk menyukseskan serangkaian acara yang digelar Pemko Payakumbuh, dalam rangka melepas 10 tahun kepemimpinan Wali Kota Riza Falepi di Payakumbuh.

“Teman-teman wartawan jangan lupa datang pada 23 September. Kita hadiri acara pisah-sambut dengan Pak Wali Kota dan Pak Wakil Wali Kota,” kata Rida Ananda.

Disisi lain, kabar Rida Ananda bakal ditunjuk sebagai Pj Wako, semakin santer terdengar di Payakumbuh. Mantan calon calon Wali Kota Payakumbuh dari jalur independen, Haji Desra, menilai Rida Ananda sebagai sosok yang tepat untuk ditetapkan pemerintah pemerintah pusat yang dipimpin Presiden Joko Widodo melalui Kemendagri sebagai Pj Wako Payakumbuh.

Sebab, menurut Haji Desra, Rida Ananda selain aparatur senior yang telah malang melintang di birokrasi Pemko Payakumbuh, juga seorang aparatur yang netralitasnya tidak diragukan dan dekat dengan semua lapisan masyarakat. Rida juga dikenal sangat mengenal daerah yang dipimpinnya. Sehingga ke depan, diharapkan tidak ada potensi konflik di Payakumbuh.

“Kita berharap Pj Wako yang terpilih rendah hati. Sering turun ke bawah. Dalam artian bukan banyaknya bersalaman dengan masyarakat yang sering dilakukan calon pada saat mau pilkada, dengan embel embel dekat dengan rakyat, tapi lebih kepada banyak mendengar serta memberi solusi dan inovasi karena PJ Wako sudah setara dengan kepala daerah definitif. Jangan alergi dengan kritik yang membangun, karena itu adalah bentuk lain dari rasa cinta orang kepada kita,” kata Haji Desra.

Baca Juga:  PLN UP3 Payakumbuh Gelar Simulasi Tanggap Darurat Pelatihan SAR di Air

Pengusaha bersahaja ini juga berharap, Pj Wako Payakumbuh nanti, dalam menjalankan tugasnya, bisa memaknai nasihat orangtua Minangkabau tempoe doeloe. “Orang tua-tua kita bilang, jika tidak ingin konflik terjadi makan lah bareh barasiah. Atah latakkan disuduik rumah, pinukuik agiahan ka anak ayam, dadak agiahan ka anak itiak. Insya Allah jika itu dilaksanakan konflik tidak ada,” kata Haji Desra.

Kemudian, menurut Haji Desra,  untuk selamat dunia akhirat, Pj wako atau siapa saja yang menjadi pemimpin harus berani tegakkan keadilan. Karena pentingnya pemimpin yang adil, Nabi Muhammad SAW pernah berpesan, “Sehari seorang pemimpin yang adil lebih utama daripada beribadah 60 tahun, dan satu hukum ditegakkan di bumi akan dijumpainya lebih bersih daripada hujan 40 hari” (HR Thabrani, Bukhari, Muslim, dan Imam Ishaq).

“Seorang pemimpin yang berani menegakkan keadilan akan lebih membersihkan bumi dibandingkan dengan hujan selama empat puluh hari. Mengapa demikian? Karena, keadilan akan membersihkan segala bentuk kejahatan, kecurangan yang dilakukan manusia zalim — kendati pun ia seorang muslim. Lagi pula, keadilan dalam suatu pemerintahan akan memberikan dampak pada banyak orang, bukan hanya pribadi-pribadi. Jika pemimpin bisa menegakkan keadilan maka bumi terhindar dari bencana alam,” pungkas Haji Desra.

Sementara itu, di lingkup Pemprov Sumbar sudah beredar kabar pelantikan Pj Wako Payakumbuh itu berlangsung, Jumat (23/9) siang di Auditorium Gubernuran. Gubernur sebagai perpanjangan tangan Pemerintah Pusat akan memimpin pelantikan tersebut.

“Jumat ini akan ada jadwal pelantikan Pj Wako Payakumbuh oleh Gubernur Sumbar,” pungkas salah seorang ASN di lingkup Pemprov Sumbar yang namanya tidak ingin disebutkan. (frv)