Tebing Batang Lamposi kian Memprihatinkan

16
Wawako Payakumbuh Erwin Yunaz ikut membantu masyarakat untuk memasang ”lantak” yang digunakan untuk penahan sementara tebing Batang Lamposi. (IST)

Tebing Batang Lampasi di Kelurahan Sungaidurian, Kecamatan Lamposi Tigo Nagari (Latina), Kota Payakumbuh yang longsor akibat guyuran hujan deras beberapa waktu lalu, kini kondisinya semakin mengkhawatirkan.

Bahkan, warga di sekitar lokasi cemas, longsor tebing Batang Lamposi bakal berdampak terhadap bangunan Masjid Arruhama’ dan PAUD Arruhama’ yang berada di dekat tebing tersebut.

Kondisi ini diakui oleh Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz saat berkunjung ke Latina, akhir pekan lalu. ”Iya, Tepian Batang Lamposi sudah mulai terkikis, sehingga ada beberapa titik menjadi longsor dan ditakutkan warga berdampak pada Masjid Arruhama’ dan PAUD Arruhama’ yang berada didekatnya,” kata Erwin Yunaz.

Untuk mengantisipasi persoalan ini, warga Sungaidurian, Latina, pada Kamis lalu (18/2), bergotong-royong memasang ”lantak” atau penahan sementara tebing Batang Lamposi yang longsornya. Erwin Yunaz juga hadir dalam gotong-royong tersebut bersama anggota DPRD Payakumbuh Syafrizal, Camat Latina David Bachri, dan Lurah Sungaidurian Allan Permana.

Selain mereka, juga hadir sejumlah pejabat dan pegawai Dinas PUPR, Satpol PP, BPBD, dan Ketua P3A Latina. Erwin Yunaz mengapresiasi semangat warga Sungaidurian dalam melakukan penanganan awal tebing Batang Lamposi yang lonsgor. ”Semoga nantinya, dapat dibuat tebing yang permanen dan bermanfaat untuk masyarakat Sungaidurian,” kata Erwin Yunaz.

Baca Juga:  Supardi Ajak Masyarakat Awasi Dampak Pasca Pandemi Covid-19

Menurut Camat Latina David Bachri, persoalan tebing Batang Lampasi di Kelurahan Sungaidurian yang longsor, sudah dibahas dalam Musrenbang Latina 2022 yang digelar beberapa pekan lalu.

Sambil menunggu adanya program dan kegiatan dari pemerintah daerah, bersama dengan OPD terkait melakukan pemasangan “lantak” atau penahan sementara tebing Batang Lamposi yang longsor.

Gotong royong bersama mengamankan tebing Batang Lamposi ini juga menjadi bahan pertimbangan oleh Dinas PSDA Provinsi Sumbar nantinya untuk melakukan pembangunan pengaman tebing di sana. “Kegiatan ini berkemungkinan akan dilaksanakan kembali pada 11 Maret nanti, mengikuti jadwal PUPR Payakumbuh Bidang PSDA,” kata David Bachri. (frv)