Genius Tertarik Marosok Jual-Beli Ternak Dijadikan Atraksi Wisata

58

Calon wakil gubernur Sumbar Genius Umar terus mengunjungi masyarakat di berbagai daerah, guna menyerap aspirasi dan menggali potensi yang bisa dijadikan kekuatan dalam pembangunan Sumbar.

Minggu (27/9/2020), Genius mengunjungi pasar ternak di Kelurahan Balai Tuo, Kota Payakumbuh. Dengan memakai masker, Genius masuk ke pasar dan bertemu masyarakat dan pedagang ternak.

Ia tertarik dengan kearifan lokal transaksi jual-beli ternak dalam diam dengan jari tangan penjual dan pembeli ditutupi kain sarung atau marosok di Payakumbuh.

Sebagai wali kota yang dinilai berhasil memajukan pariwisata Pariaman, Genius melihat potensi tradisi Minangkabau yang sudah ada turun temurun itu bisa bernilai ekonomi bagi masyarakat setempat dan pedagang.

“Tradisi marosok di Payakumbuh ini sangat menarik dan bisa menjadi atraksi wisata Sumbar. Saya yakin jika diberdayakan dan disediakan tempat yang memadai nantinya bisa menarik saya tarik bagi wisatawan dari dalam dan luar negeri,” ungkap Genius yang di Pilkada Sumbar mendampingi calon gubernur Fakhrizal.

Sebagai daerah yang memiliki akses di jalan lintas Sumbar-Riau, Genius optimistis Payakumbuh bisa menarik banyak wisatawan terutama dari daerah tetangga yang berkunjung setiap akhir pekan.

Baca Juga:  Urus Banpres Jilid II, Pelaku UKM Cukup ke Kantor Camat Saja

“Apalagi kuliner di Payakumbuh ini juga enak-enak, warganya baik-baik dan religius. Rugi kalau ke Sumbar kita tak singgah ke Payakumbuh,” ungkapnya.

Menurutnya Sumbar kaya potensi wisata tradisi yang perlu dikemas lebih baik, dipromosikan dan digelar secara terencana setiap tahun seperti halnya tradisi Tabuik yang nenyedot kunjungan ratusan ribu orang.

“Ada juga tradisi pacu jawi di Tanahdatar yang telah mendunia. Potensi ini juga harus dipertahankan dan didukung eksistensinya agar bisa diselenggarakan lebih baik dan berimbas pada peningkatan kunjungan wisatawan dan pendapatan masyarakat di nagari,” jelasnya. (idr)