Tim Posko Covid-19 Kunjungi Tiga ODP di Payakumbuh

Dibalik pakaian Hazmat, Tim Posko Covid-19 Puskesmas Padang Karambia mendatangi kediaman Orang Dalam Pengawasan (ODP) di tiga kelurahan.

Beberapa ODP di Kelurahan se-Kecamatan Payakumbuh Selatan itu dikunjungi petugas medis dan lurah, didampingi Babinsa Koramil01/Pyk dengan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap.

“Kita melaksanakan pengecekan, pemeriksaan, dan mendatangi kediaman ODP kepada tiga warga masyarakat di tiga kelurahan pada hari ke-13 mereka yang sebelumnya telah melaporkan dan memeriksakan diri melalui Posko Covid-19 Puskesmas Padangkarambia, Kecamatan Payakumbuh Selatan,” papar anggota tim, Pelda Ifnusril.

Pelda Ifnusril yang bertugas sebagai Danpos Kecamatan Payakumbuh Selatan tampak turun mendampingi Lurah Koto Tuo Limo Kampuang, Denildevo bersama Penanggungjawab Surveylance dan P2M Sri Widya Muthia, Petugas Laboratorium Delviana dan sopir ambulance, Andi Ananda.

Sesuai instruksi berjenjang dari atas, untuk melaksanakan pemeriksaan dan pengecekan kepada ODP menggunakan alat medis Rapid Tes dengan mendatangi langsung kediaman ODP dengan menggunakan perlengkapan Hazmat/APD sebagai pelindung dan pengaman diri bagi tim yang turun dan bersentuhan langsung dengan ODP.

“Kita turut memberikan pemahaman kepada masyarakat di sekitar kediaman ODP yang didatangi Tim, agar tidak perlu cemas dan panik melihat tim turun langsung ke lapangan,” ujar Pelda Ifnusril kepada media.

Dari hasil pemeriksaan dan pengecekan menggunakan Rapid Tes dari ketiga ODP pada hari ke-13 tersebut, Negatif terindentifikasi Covid-19. Lurah Danindevo berharap masyarakat dapat memahami dan patuh kepada anjuran pemerintah, agar semua warga terhindar dari Covid-19.

“Kita juga aktiv mengimbau warga agar selalu menjaga kebersihan, mengindari kerumunan dan keramaian, serta selalu menjaga jarak dan tetap di rumah,” kata lurah. (*)