Ujian Naik Kelas Bisa Dilakukan Online

Sejumlah pelajar saat mengikuti pembelajaran secara online di lokasi yang terjangkau jaringan internet di Galugua Kecamatan Kapur IX, Limapuluh Kota. (IST)

Kepala Dinas Pendidikan Payakumbuh, AH Agustion menyebut, ujian semester genap atau kenaikan kelas untuk jenjang pendidikan SD dan SMP di Payakumbuh, bisa dilakukan secara online. Meski demikian, Dinas Pendidikan Payakumbuh masih akan menunggu keputusan lebih lanjut dari pemerintah.

“Ujian kenaikan kelas bisa dilaksanakan secara online bagi sekolah yang sanggup maupun juga dilakukan secara semi online. Kalau tidak mungkin juga, ada komponen mendukung. Tidak hanya nilai ujian akhir semester genap, tapi bisa dari nilai ujian harian, tugas yang ada, atau tugas potofilio untuk melengkapi syarat kenaikan kelas,” kata Agustion.

Saat ditanya, bagaimana progress pembelajaran di rumah diterapkan saat ini, Agustion menyebut, sejauh ini pihaknya belum mengevaluasi secara khusus. “Namun kita melihat cukup efektif dengan penggabungan beberapa metode, ada online, semi online, dan manual, kita berharap semua anak mengikuti pembelajaran ini di rumah,” kata Agustion. (frv)