Beri Kepastian Hukum, Kepemilikan Lahan Perkebunan di Pessel Didata

19

Bupati Pesisir Selatan (Pessel) Rusma Yul Anwar menindaklanjuti aspirasi dari masyarakat Pessel untuk kepastian hukum kepemilikan lahan berupa Hak Guna Usaha (HGU) perkebunan kelapa sawit yang dikelola investor yang ada di daerah setempat dengan menggelar rapat koordinasi.

“Perhatian ini sebagai bentuk usaha kita mensejahterakan masyarakat yang telah menjadi prioritas Pemkab. Kita juga harus memperhatikan kelangsungan investasi yang juga dijamin kenyamanan usahanya,” ungkap Bupati ketika memimpin rapat Koordinasi Pemutakhiran Data dan Keabsahan Kepemilikan Lahan berupa HGU Perkebunan Kelapa Sawit oleh Investor, Kamis (01/04/2021).

Dikatakan Bupati, bersama instansi terkait hendaknya merumuskan solusi untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

“Dari data yang dihimpun saat ini terdapat 36,7 ribu hektare lahan yang dikelola oleh 12 perusahaan/ investor yang ada di wilayah ini. Rata-rata HGU-nya akan berakhir pada tahun 2029 nanti,” jelas Rusma Yul Anwar.

Untuk itu pihaknya akan mengumpulkan data-datanya terlebih dahulu melalui Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan, DPMPTSP, Kantor BPN dan Kantor Pengelolaan Hutan Produksi.

Baca Juga:  Pengendalian Covid, Dr. Andani Minta Pemda Maksimalkan Satgas Nagari

“Kami memerintahkan Bapedalitbang untuk menindaklanjuti hal ini bersama stakeholder terkait,” ujarnya. (elfi mahyuni )

Previous articleSambut Ramadan-Idul Fitri, PLN Jamin Pasokan Listrik tak Terganggu
Next articlePerbaikan Berjalan Lancar, PLN Sumbar Cepat Atasi Pemadaman di BIM