Genjot Pembangunan! Perangkat Daerah Musti Pahami Program Secara Detail

9
Wakil Bupati Pessel, Rudi Hariyansyah.(IST)

Kepala perangkat daerah harus memahami semua program yang telah direncanakan secara riil. Tujuannya agar program pembangunan yang dilaksanakan tercapai sesuai harapan masyarakat dan kebutuhan daerah.

Hal itu ditegaskan Wakil Bupati Pesisir Selatan (Pessel), Rudi Hariyansyah, terkait upaya daerah itu dalam menggenjot percepatan pembangunan di daerahnya.

“Para kepala perangkat daerah harus memahami dan mengetahui secara detail semua program yang direncanakan. Sebab dengan mengetahui program, para kepala perangkat daerah dapat mengevaluasi setiap kelemahan yang ditemukan untuk segera bisa diperbaiki dan disesuaikan dengan peraturan yang berlaku,” katanya.

Karena upaya itu perlu dilakukan, maka dia berharap agar kepala perangkat daerah jangan sampai tidak memahami program kerjanya ketika dimintai keterangan.

Sebab memang masih ditemui ketika ditanya kepala perangkat daerah tidak dapat memberikan penjelasan secara detail, dan menyerahkan penjelasannya secara bulat-bulat kepada bawahan.

“Padahal apa yang ditanya dan dijelaskan oleh bawahannya itu belumlah menjadi beban tugas atau tanggung jawab bawahannya itu,” ucapnya.

Dia menambahkan, itu terjadi karena kecenderungan pimpinan hanya menerima laporan dari bawahan, tanpa mengetahui secara persis apa yang sudah dilakukan.

Baca Juga:  Gempa Berkekuatan 4,7 Guncang Pessel, Berpusat di Painan, Terasa di Padang

Padahal pimpinan perangkat daerah merupakan garda terdepan pelaksanaan program dan kegiatan yang menjadi wewenangnya. Makanya apapun persoalan yang mengganjal, segera dapat diketahui dan secara cepat pula dilakukan perbaikan.

“Dari itu, kepala perangkat daerah harus tahu persis apa yang menjadi tanggung jawabnya. Jangan hanya sekadar mendelegasikan kepada bawahan yang bukan menjadi beban dan tanggungjawabnya,” tutup Rudi. (yon)