Normalisasi Batang Tapan Dibutuhkan Dana Rp 163 M

15
Pemkab Pessel melakukan pengerukan sungai untuk mengatasi banjir di aliran Sungai Batang Tapan. (IST)

Seringnya banjir terjadi di Kecamatan Ranah IV Hulu Tapan dan Basa Ampek Balai Tapan Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) akibat luapan Sungai Batang Tapan. Untuk itu perlu dilakukan normalisasi dan penguatan tebing Sungai Batang Tapan.

Hal ini disampaikan Waki Bupati Pessel, Rudi Hariyansyah, Selasa (06/04/2021) di Painan. Menurutnya berdasarkan kajian PSDA, normalisasi dan penguatan tebing membutuhkan dana Rp 613 miliar.

Dikatakan, guna mendapatkan dana tersebut pihaknya mengajukan proposal kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, dan Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi Program Pemulihan Ekonomi Nasional Padat Karya.

“Karena dana dari pemerintah pusat masih menunggu persetujuan, maka untuk penanggulangan sementara Pemerintah Kabupatan Pessel, kini tengah melakukan pembersihan, pengerukan sungai sepanjang 180 meter,” ujarnya

Dimana pengerjaan tersebut dilakukan dengan memanfaatkan dana operasional dan pemeliharaan sungai dinas PSDA tahun 2021.

Sementara itu, Kepala Dinas PSDA Pesse., Doni Gusrizal, menambahkan, Batang Tapan memiliki panjang 68 km dengan beberapa anak sungai.

Guna pengendalian banjir Batang Tapan, Pemkab telah membuat Detail Engeneering Disign (DED) tahun 2019. Serta telah berupaya mencari dana penanggulangan Batang Tapan melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, melalui Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) V dan PSDA Prov Sumbar.

Baca Juga:  Percepat Pengiriman Sampel Swab, Wabup Minta Dinkes-PT Pos Kerja Sama

Pada waktu itu tahun 2020 sudah sempat dianggarkan Rp 49 miliar namun gagal direalisasikan karena dana dipotong karena pandemi Covid-19. “Mudah mudahan pemerintah pusat segera mengabulkan proposal yang diajukan,” tutupnya. (elfi mahyuni )

Previous articleKinerja PT BPR Tambun Ijuk, Asset Tumbuh 24,02 %, Laba Naik 143,56 %
Next articleKolaborasi dengan Bank Nagari, Pemkab Pessel Resmikan Penggunaan QRIS