Hasilkan Gabah Bermutu, 10 Kelompok Tani Dibantu Alat Perontok Padi

9

Sebanyak 10 kelompok tani di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) mendapatkan bantuan alat mesin tani (alsintan), Kamis (08/04/2021). Bantuan itu diserahkan Bupati Rusma Yul Anwar.

Bantuan alsintan berupa 10 unit Power Thresser itu diserahkan di halaman Kantor Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (Distanhorbun) Kabupaten Pessel.

Bupati mengapresiasi dinas terkait, karena bantuan ini merupakan salah satu bentuk implementasi dari visi dan misi Pemerintah Kabupaten Pessel pada bidang ekonomi.

“Saya meminta Distanhorbun lebih gesit lagi untuk melihat peluang-peluang yang dapat kita raih di kementerian terkait. Untuk itu segera inventarisir kebutuhan yang kita perlukan untuk para petani kita, Selanjutnya, kelompok tani yang menerima bantuan agar merawat alsintan itu dengan baik dan dipergunakan untuk kepentingan bersama kelompok,” pintanya.

Sementara itu Kepala Distanhorbun Pesisir Selatan, Nuzirwan mengatakan, penyaluran bantuan alsintan ini berdasarkan proposal yang diajukan oleh kelompok tani, Gapoktan dan kelompok UPJA.

“Proposal tersebut kita sampaikan kepada Satker yang ada di Provinsi Sumatera Barat. Alhamdulillah pada bulan Februari kemarin kita mendapat 2 unit Power Thresser Multiguna dan saat ini ditambah 10 unit lagi,” jelas Nuzirwan.

Baca Juga:  Jadi Paskibraka Nasional, Pelajar SMAN 1 Tarusan Harumkan Nama Sumbar

Ia menjelaskan, Power Thresser atau mesin perontok padi ini diharapkan dapat memperbesar kapasitas kerja, meningkatkan efisiensi kerja, mengurangi kehilangan hasil panen dan memperoleh mutu hasil gabah yang baik. (elfi mahyuni)

Previous articleMenteri PPN: Pembangunan Fly Over Sitinjau Lauik Ditarget Tuntas 2024
Next articlePrioritaskan DD untuk Penanganan Pandemi, Pariyanto Apresiasi Pemkab