Penyedia Jasa Wisata Tewas Tenggelam

24
Ilustrasi tenggelam. (Foto: IST)

Seorang penyedia jasa perahu pengangkut wisatawan di kawasan Pantai Carocok, Kabupaten Pesisir Selatan ditemukan tidak bernyawa Sabtu (6/6) pukul 12.05. Ia dilaporkan tenggelam Jumat (5/6) pukul 20.30 di Dermaga Carocok, Panian.

Kepala Seksi (Kasi) Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pessel, Hasnul Karim mengatakan penyedia jasa bernama Safrudin itu sebelum tenggelam dilaporkan tengah menimba genangan air di dalam perahunya, akibat hujan yang cukup deras pada siang hingga sore harinya.

“Saat itu perahunya dipenuhi oleh genangan air karena hujan cukup lebat sore harinya. Khawatir perahunya tenggelam, ia mengupayakan untuk menimbanya. Namun korban malah terjatuh dan tenggelam,” katanya.

Pihaknya ketika mendapat laporan kejadian itu dibantu masyarakat dan tim dari Basarnas Kota Padang langsung melakukan pencarian. “Proses pencarian menggunakan, dua unit perahu karet milik BPBD dan Basarnas. Bahkan pencarian itu juga dibantu oleh masyarakat, nelayan dan para penyelam Carocok, Painan. Walau upaya pencarian sudah dilakukan secara maksimal, namun korban ditemukan sudah tidak bernyawa. Kepada keluarga korban kami berharap bisa tetap sabar, sebab itu sudah menjadi ketentuan dari yang maha kuasa,” tutunya.

Ia menyebut Safrudin ditemukan mengapung tidak jauh dari lokasi awal ia dilaporkan hilang. Setelah korban ditemukan, pihaknya bersama mengevakuasi dan mengantarkan ke rumah duka sesuai permintaan keluarga. “Tidak ada dilakukan otopsi, sebab keluarga korban meminta agar dilakukan saja proses penguburannya dengan segera,” tukasnya. (yon)